Selasa, 12 Mei 2020

Wasiyatul Musthofa bab Sedekah sampai Bab Wara'

Assalamu'alaykum Wa rohmatulloh Wa barokatuh

Lanjutan kajian yang kemarin.....

Baginda Nabi Muhammad sholallohu alayhi wasallam bersabda atau berwasiat kepada Sayyidina 'Ali karromallohu wajhah.

ﻳﺎﻋﻠﻲ ؛ ﺻﺪﻗﺔ ﺍﻟﺴﺮ ﺗﻄﻔﺊ ﻏﻀﺐ ﺍﻟﺮﺏ ﻭﺗﺠﻠﺐ ﺍﻟﺒﺮﻛﺔ ﻭﺍﻟﺮﺯﻕ ﺍﻟﻜﺜﻴﺮ، ﻭﺑﺎﻛﺮ ﺑﺎﻟﺼﺪﻗﺔ ﻓﺎﻥ ﺍﻟﺒﻼﺀ ﻳﻨﺰﻝ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﺒﻜﻮﺭ ﻓﺘﺮﺩ ﺍﻟﻘﻀﺎﺀ ﻓﻲ ﺍﻟﻬﻮﺍﺀ

"Wahai 'Ali, sedekah yang dilakukan dengan cara tersembunyi akan memadamkan kemurkaan Alloh, dan akan mendatangkan keberkahan serta rizqi yang melimpah, bersegeralah untuk bersedekah sebelum datangnya waktu pagi, karena sesungguhnya bala'akan datang sebelum pagi, sehingga pahala sedekah itu akan dapat menolak Qodho bala yang diturunkan tersebut di udara"
Maksudnya adalah, jika telah ditetapkan oleh Alloh suatu bala' kepada seseorang, maka pahala sedekah akan membatalkan ketetapan bala' tersebut, sehingga terhindarlah orang itu dari bala' yang akan ditimpakan kepadanya.
Oleh karena itu Yuk perbanyak sedekah untuk menolak bala yang akan menimpa kita, khususnya sedekah jariyah kepada Masjid atau lainnya, lebih-lebih sedekah kepada Majelis Ta'lim yang insya Alloh penuh barokah ini,

ﻳﺎﻋﻠﻲ : ﺇﺫﺍ ﺗﺼﺪﻗﺖ ﻓﺘﺼﺪﻕ ﺑﺎﺣﺴﻦ ﻣﺎﻋﻨﺪﻙ، ﻓﺎﻥ ﺻﺪﻗﺔ ﻟﻘﻤﺔ ﻣﻦ ﺣﻼﻝ ﺍﺣﺐ ﺍﻟﻠﻪ ﻣﻦ ﻣﺎﺋﺔ ﻣﺜﻘﺎﻝ ﻣﻦ ﺣﺮﺍﻡ ﻭﺻﺪﻗﺔ ﺗﻘﺪﻣﻬﺎ ﻗﺒﻞ ﻣﻮﺗﻚ ﺃﻓﻀﻞ ﻣﻦ ﻣﺎﺋﺔ ﻣﺜﻘﺎﻝ ﻳﺘﺼﺪﻗﻮﻥ ﺑﻬﺎ ﺑﻊ ﻣﻮﺗﻚ، ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻳﻮﻡ ﻳﻨﻈﺮ ﺍﻟﻤﺮﺀ ﻣﺎﻗﺪﻣﺖ ﻳﺪﺍﻩ

"Wahai 'Ali, apabila engkau hendak bersedekah, maka bersedekahlah dengan sesuatu yang terbaik dari apa yang engkau miliki, ketahuilah bahwa sesungguhnya menyedekahkan seuap makanan dari yang halal, adalah lebih disukai oleh Alloh daripada menyedekahkan sebanyak 100 mistqol dari sesuatu yang haram, dan sedekah yang engkau infaqkan sendiri dimasa hayatmu (hidupmu), adalah lebih bernilai bagimu daripada 100 mistqol dari harta peninggalanmu yang disedekahkan oleh ahli waritsmu yang pahalanya dihadiahkan untukmu setelah kematianmu.
Alloh ta'ala berfirman : (Pada hari dimana seseorang akan melihat apa yang telah dikemukakan oleh tangannya)"

ﻳﺎﻋﻠﻲ ؛ ﺗﺼﺪﻕ ﻋﻠﻰ ﻣﻮﺗﺎﻙ ﻓﺎﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻗﺪ ﻭﻛﻞ ﻣﻼﺋﻜﺔ ﻳﺤﻤﻠﻮﻥ ﺻﺪﻗﺎﺕ ﺍﻻﺣﻴﺎﺀ ﺍﻟﻴﻬﻢ ﻓﻴﻔﺮﺣﻮﻥ ﻓﻲ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎ ﻭﻳﻘﻮﻟﻮﻥ ؛ ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺍﻏﻔﺮ ﻟﻤﻦ ﻧﻮﺭ ﻗﺒﺮﻧﺎ ﻭﺑﺸﺮﻩ ﺑﺎﻟﺠﻨﺔ ﻛﻤﺎ ﺑﺸﺮﻧﺎ ﺑﻬﺎ

"Wahai 'Ali, bersedekahlah untuk saudara"mu yang telah meninggal dunia, ketahuilah sesungguhnya Alloh Subhanahu Wa ta'alaa mewakilkan satu malaikat untuk membawakan dan menyampaikan pahala suatu amal yang dilakukan oleh orang" yang masih hidup yanf pahalnya disedekahkan kepada orang" yang sudah mati, adapun kegembiraan mereka (orang" yang sudah mati) ketika menerima pahala sedekah darimu, melebihi kegembiraan mereka seandainya mereka menerima sesuatu pemberian darimu pada masa hidupnya didunia, dan ketika itulah mereka berdo'a kepada Alloh ( Ya Alloh, berikanlah ampunanMu bagi orang" yang telah menerangi kubur kami, dan gembirakanlah mereka dengan surga, sebagaimana mereka telah menggembirakan kami dengannya)

Masih ingatkah kita kepada orang tua kita yang telah mendahului kita..?
Masih seringkah kita mengirimi fatihah kepadanya..?
Pernahkah kita bersedekah demi mereka..?
Semoga menjadi renungan bagi kita semua, dan senantiasa ingat akan jasa para orang tua kita, dan guru-guru kita Aamin.

Washiat baginda Nabi Muhammad Sholallohu alayhi wasallam kepada Sayyidina 'Ali karromallohu wajhah.

ﻳﺎﻋﻠﻲ : ﺇﻋﻤﻞ ﺧﺎﻟﺼﺎ ﻟﻠﻪ ﻓﺎﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﻻﻳﻘﺒﻞ ﺍﻻ ﻣﻦ ﻛﺎﻥ ﺧﺎﻟﺼﺎ ﻟﻮﺟﻬﻪ، ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ؛ ﻓﻤﻦ ﻛﺎﻥ ﻳﺮﺟﻮ ﻟﻘﺎﺀ ﺭﺑﻪ ﻓﻠﻴﻌﻤﻞ ﻋﻤﻼ ﺻﺎﻟﺤﺎ ﻭﻻ ﻳﺸﺮﻙ ﺑﻌﺒﺎﺩﺓ ﺭﺑﻪ ﺃﺣﺪﺍ .

"Wahai 'Ali, beramallah dengan setulus hatimu semata" karena Alloh Subhanahu Wa ta'alaa, sebab sesungguhnya Alloh Subhanahu Wa ta'alaa tidak mau menerima sesuatu amal terkecuali hanya dari orang" yang melakukannya dengan setulus hati mereka (ikhlas) hanya demi untuk memperoleh keridhoannya, Alloh Subhanahu Wa ta'alaa berfirman (Barangsiapa mendambakan berjumpa dengan tuhannya, maka berbuatlah amal yang baik dan tidak disertai dengan tujuan tertentu karena seseorang).

HAKIKAT IKHLAS.

KH. Dr. A. Musthofa Bisri
Kami, aku dan kakakku Kiai Cholil Bisri, mendengar dari guru kami Syeikh Yasin Al-Fadani dan ayah kami Kiai Bisri Mustofa Rohimahumulloh, masing" berkata :
Aku bertanya kepada Sayyid Guru Umar Hamdan tentang hakekat IKHLAS, dan beliau pun berkata :
(Aku pernah bertanya kepada guruku Syeikh Sayyid Muhammad Ali Al-Witri tentang hal itu dan beliau berkata,
Aku pernah bertanya tentang hal itu kepada guruku Syeikh Abdul Ghani Al-Mujaddidi, beliau berkata :
Aku pernah bertanya kepada guruku Syeikh Muhammad Abid As-Sindi Al-Anshari, beliau berkata:
Aku pernah bertanya tentang hal itu kepada Syeikh Shiddiq bin Ali Al-Mizjaji, beliau berkata :
Aku pernah bertanya tentang hal itu kepada ayahku, beliau berkata:
Aku pernah bertanya tentang hal itu kepada Syeikh Hasan Al-Ujaimi, beliau berkata:
Aku pernah bertanya tentang hal itu kepada Syeikh Ahmad al-Qasysyasyi, beliau berkata:
Aku pernah bertanya tentang hal itu kepada Syeikh Ahmad Syanaawi, beliau berkata :
Aku pernah bertanya tentang hal itu kepada ayahku Syeikh Ali Asy-Syanaawi, dan beliau berkata :
Aku pernah bertanya tentang hal itu kepada Syeikh Abdul Wahhab Asy-Sya'roni dan beliau berkata :
Aku pernah bertanya tentang hal itu kepada Al-Haafizh Jalaluddin As-Suyuthi, beliau berkata :
Aku pernah bertanya tentang hal itu kepada A'isyah binti Jaarulloh bin Sholeh Ath-Thobari, beliau berkata :
Aku pernah bertanya tentang hal itu kepada Syeikh Ibrohim bin Muhammad bin Shiddiq dan beliau berkata :
Aku bertanya tentang hal itu kepada Syeikh Abul Abbas Al-Hajjar dan beliau berkata :
Aku pernah bertanya tentang hal itu kepada Syeikh Jakfar Ibn Ali AL-Hamdani, beliau berkata :
Aku pernah bertanya tentang hal itu kepada Syeikh Abul Qasim bin Basykual, beliau berkata : Aku pernah bertanya tentang hal itu kepada Syeikh Qodhi Abu Bakar bin aL-'Arobi, beliau berkata :
Aku pernah menanyakan hal itu kepada Syeikh Ismail bin Muhammad Al-Fadhol Al-Ashbihani, beliau berkata :
Aku pernah menanyakan hal itu kepada Syeikh Abu Bakar bin Ahmad bin Ali bin Kholaf dan beliau berkata :
Aku pernah menanyakan hal itu kepada Syeikh Abdurrohman Al-Baihaqi dan beliau berkata :
Aku pernah menanyakan hal itu kepada Syeikh Ali bin Sa'id Ats-Tsaghrai dan Syeikh Ahmad bin Muhammad bin Zakaria dan beliau berdua berkata :
Kami pernah menanyakan hal itu kepada Syeikh Ali bin Ibrahim Asy-Syaqiqi dan beliau berkata:
Aku pernah menanyakan hal itu kepada Syeikh Abu Ya'qub Asy-Syaruthi, beliau berkata :
Aku pernah bertanya ttg hal itu kepada Syeikh AHmad bin Ghassan dan beliau berkata :
Aku pernah bertanya ttg hal itu kepada Syeikh Ahmad bin 'Atha' Al-Hujaimi, beliau berkata :
Aku pernah bertanya tentang hal itu kepada Syeikh Abdul Wahid bin Zaid dan beliau berkata :
Aku pernah bertanya tentang hal itu kepada Imam Hasan Al-Bashari, beliau menjawab,
Aku pernah bertanya kepada shahabat Hudzaifah Rodhiyallohu Anhu, beliau menjawab :
Aku pernah bertanya kepada Rosululloh Sholallohu alayhi wasallam ikhlas itu apa, beliau menjawab :
Aku pernah menanyakan tentang ikhlas itu kepada malaikat Jibril alayhissalam dan beliau menjawab :
Aku pernah bertanya tentang hal itu kepada Alloh Robbul 'Izzaah, dan IA menjawab :
"IKHLAS ialah RAHASIA di antara rahasia-rahasiaku yang kuitipkan di hati hambaku yang aku cintai"

ﻳﺎﻋﻠﻲ ؛ ﻋﻠﻴﻚ ﺑﺎﻟﺪﻋﺎﺀ ﺑﻴﻦ ﺍﻻﺫﺍﻥ ﻭﺍﻻﻗﺎﻣﺔ ﻓﺎﻧﻪ ﻻﻳﺮﺩ

"Wahai 'Ali, Lazimkanlah berdo'a pada saat antara Adzan dan Iqomah, karena sesungguhnya (do' diantara adzan dan iqomah) tidak akan ditolak (pasti diterima)

ﻳﺎﻋﻠﻲ ؛ ﺇﺫﺍ ﺩﻋﻮﺕ ﻓﺎﺑﺴﻂ ﻳﺪﻙ ﺣﺬﻭ ﻭﺻﺪﺭﻙ ﻭﻻﺗﺮﻓﻌﻬﺎ ﻓﻮﻕ ﺭﺃﺳﻚ ﻭﺗﺸﻴﺮ ﺍﻟﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺑﺴﺒﺎ ﺑﻴﺘﻚ ﺍﻟﻴﻤﻨﻰ

"Wahai 'Ali, apabila engkau berdo'a, maka ulurkanlah (angkatlah) tanganmu setinggi dadamu dan janganlah engkau mengangkatnya lebih tinggi dari kepalamu, dan berilah isyarat kepada Alloh Subhanahu Wa ta'alaa dengan jari telunjukmu yang kanan"
Guru saya (Kh Aminul Hadi Nawawi Akrom) berkata : Isyarat dengan jari telunjuk adalah untuk menekankan bahwasannya Alloh itu maha Satu, atau bentuk isyarat persaksian.

ﻳﺎﻋﻠﻲ ؛ ﻻﺗﺠﻬﺮ ﺑﻘﺮﺍﺋﺘﻚ ﻭﻻﺑﺪﻋﺎﺋﻚ ﺣﻴﺚ ﻳﺼﻠﻰ ﺍﻟﻨﺎﺱ، ﻓﺎﻥ ﺫﺍﻟﻚ ﻳﻔﺴﺪ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﺻﻼﺗﻬﻢ

"Wahai 'Ali, janganlah engakau mengeraskan suaramu ketika engkau membaca Al-Qur'an atau berdo'a, selagi didekatmu ada orang yang sedang Sholat, karena hal itu dapat mengganggu sholat mereka"

ﻳﺎﻋﻠﻲ ﻣﻦ ﺫﻛﺮ ﺍﻟﻠﻪ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﻔﺠﺮ ﻭﻗﺒﻞ ﻃﻠﻮﻉ ﺍﻟﺸﻤﺲ ﻭﻗﺒﻞ ﻏﺮﻭﺑﻬﺎ ﺇﺳﺘﺨﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﺃﻥ ﻳﻌﺬﺑﻪ ﺑﺎﻟﻨﺎﺭ

"Wahai 'Ali, barang siapa yang mengingat Alloh (berdzikir) pada saat sebelum fajar menyingsing (sepertiga malam) dan pada saat sebelum matahari meninggi (waktu dhuha) dan pada saat sebelum terbenamnya (menjelang maghrib), maka Alloh Subhanahu Wa ta'alaa malu untuk mengadzabnya dengan api neraka"

ﻳﺎﻋﻠﻲ ؛ ﺇﺫﺍ ﺻﻠﻴﺖ ﻓﺎﻗﻌﺪ ﻣﻜﺎﻧﻚ ﺣﺖ ﺗﻄﻠﻊ ﺍﻟﺸﻤﺲ، ﻓﺈﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﻳﻜﺘﺐ ﻟﻤﻦ ﻳﺠﻠﺲ ﻣﻜﺎﻧﻪ ﺣﺠﺔ ﻭﻋﻤﺮﺓ ﺃﻭﻋﺘﻖ ﺭﻗﺒﺔ ﺃﻭ ﺻﺪﻗﺔ ﺃﻟﻒ ﺩﻳﻨﺎﺭ ﻓﻲ ﺳﺒﻴــــــــﻞ ﺍﻟﻠــــــﻪ .

"Wahai 'Ali, apabila engkau telah selesai menunaikan sholat (subuh), maka janganlah engkau langsung beranjak dari tempat sholatmu sebelum matahari terbit, karena sesungguhnya Alloh Subhanahu Wa ta'alaa mencatatkan baginya (orang yang tidak beranjak dari sholat subuhnya sampai matahari terbit) suatu pahala yang sama seperti pahala seorang yang menunaikan Haji dan Umroh, atau memerdekakan budak, atau menyedekahkan 1000 dinar dijalan Alloh"

ﻳﺎﻋﻠﻲ : ﻣﻦ ﻗﺎﻝ ﻛﻞ ﻳﻮﻡ ﺧﻤﺴﺔ ﻭﻋﺸﺮﻳﻦ ﻣﺮﺓ ‏( ﺃﺳﺘﻐﻔﺮ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﻌﻈﻴﻢ ﻟﻲ ﻭﺍﻟﻮﺍﻟﺪﻱ ﻭﻟﺠﻤﻴﻊ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ ﻭﺍﻟﻤﺴﻠﻤﺎﺕ ﻭﺍﻟﻤﺆﻣﻨﻴﻦ ﻭﺍﻟﻤﺆﻣﻨـــــﺎﺕ ﺍﻻﺣﻴﺎﺀ ﻣﻨﻬﻢ ﻭﺍﻻﻣﻮﺍﺕ ‏) ﻛﺘﺐ ﺍﻟﻠﻪ ﻣﻦ ﺃﻭﻟﻴﺎﺋﻪ .

"Wahai 'Ali, barang siapa yang membaca setiap hari sebanyak 25x
(Astaghfirullohal 'Adzim Li Waliwalidayya Walijami'il Muslimina Wal Muslimat Walmu'minina Walmu'minati Al-Ahya,i Minhum Wal Amwat)
Maka Alloh Subhanahu Wa ta'alaa mencatat (menjadikan) ia salah satu dari para Kekasih Alloh".

Bab keutamaan dzikir, do'a & sholawat, yang diwasiatkan oleh Baginda Nabi Muhammad Sholallohu alayhi wasallam kepada Sayyidina 'Ali karromallohu Wajhah.
Semoga kita semua dapat mengamalkannya Aamiin.

ﻳﺎﻋﻠﻲ ؛ ﻣﻦ ﻗﺎﻝ ﻛﻞ ﻳﻮﻡ ﻋﺸﺮ ﻣﺮﺍﺕ ‏( ﻻﺍﻟﻪ ﺍﻻ ﺍﻟﻠﻪ ﻗﺒﻞ ﻛﻞ ﺍﺣﺪ، ﻻﺍﻟﻪ ﺍﻻ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻌﺪ ﻛﻞ ﺍﺣﺪ، ﻻﺍﻟﻪ ﺍﻻ ﺍﻟﻠﻪ ﻳﺒﻘﻰ ﺭﺑﻨﺎ ﻭﻳﻔﻨﻰ ﻛﻞ ﺍﺣﺪ ‏) ﻟﻢ ﻳﺒﻖ ﻣﻠﻚ ﻓﻲ ﺍﻟﺴﻤﻮﺍﺕ ﺍﻻ ﺍﺳﺘﻐﻔﺮ ﻟﻪ . 

"Wahai 'Ali, barangsiapa yang membaca setiap hari 10x kalimat :
(Laa ilaha Illallohu qobla kulli ahadin, Laa Ilaha Illallohu ba'da kulli ahadin, Laa Ilaha Illallohu yabqo robbuna wa yafna kullu ahadin)
•Tiada Tuhan selain Alloh, sebelum ada semua orang, Tiada Tuhan selain Alloh, sesudah ada semua orang, tiada Tuhan selain Alloh, tetap kekal Tuhan kami dan akan punah setiap orang•
Maka tidak ada satu malaikatpun yang tertinggal dari seluruh malaikat yang berada disemua petala langit, melainkan kesemuanya memintakan ampunan kepada Alloh Subhanahu Wa ta'alaa untuk orang itu)

ﻳﺎﻋﻠﻲ ؛ ﻣﻦ ﻗﺎﻝ ﻛﻞ ﻳﻮﻡ ‏( ﺃﻟﻠﻬﻢ ﺑﺎﺭﻙ ﻟﻲ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﻮﺕ ﻭﻓﻴﻤﺎ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﻤﻮﺕ ‏) ﻟﻢ ﻳﺤﺎﺳﺒﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻤﺎ ﻓﻌﻠﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎ، ﻭﻣﻦ ﻛﺒﺮ ﻣﺎﺋﺔ ﻣﺮﺓ ﻗﺒﻞ ﻃﻠﻮﻉ ﺍﻟﺸﻤﺲ ﻭﻣﺎﺋﺔ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﻐﺮﻭﺏ، ﻛﺘﺐ ﺍﻟﻠﻪ ﻟﻪ ﺛﻮﺍﺏ ﻣﺎﺋﺔ ﻋﺎﺑﺪ ﻭﻣﺎﺋﺔ ﻣﺠﺎﻫﺪ ﻓﻲ ﺳﺒﻴﻞ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ، ﻭﻣﻦ ﺻﻠﻰ ﻋﻠﻲ ﻛﻞ ﻳﻮﻡ ﺃﻭ ﻟﻴﻠﺔ ﻣﺎﺋﺔ ﻣﺮﺓ ﻭﺟﺒﺖ ﻟﻪ ﺷﻔﺎﻋﺘﻲ، ﺓﻛﺜﺮﺓ ﺍﻻﺳﺘﻐﻔﺎﺭ ﺣﺼﻦ ﻟﻠﺘﺎﺋﺒﻴﻦ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺎﺭ

"Wahai 'Ali, barangsiapa yang membaca setiap hari kalimat :
(Allohumma baarik lii fil mauti, wa fima ba'dal mauti)
•Ya Alloh berkatilah aku pada saat kematian dan berkatilah aku pada saat sesudah kematian•
Maka Alloh Subhanahu Wa ta'alaa tidak akan mempersoalkannya mengenai segala sesuatu yang telah diperbuatnya semasa hidupnya di dunia.
Dan barang siapa yang membaca kalimat takbir (Allohu Akbar) 100x sebelum matahari terbit dan 100x pula sebelum matahari terbenam, maka Alloh Subhanahu Wa ta'alaa memberikan kepadanya pahala sebanyak yang diberikanNya kepada seratus orang Ahli Ibadah, dan sebanyak pahala yang diberikan kepada seratus orang pejuang dijalan Alloh.
Dan barang siapa yang bersholawat kepadaku pada setiap siang hari atau setiap malam sebanyak 100x, maka wajiblah atasnya untuk menerima Syafa'at dariku.
Ketahuilah juga olehmu bahwa banyak beristighfar akan menjadi pembenteng bagi orang" yang bertaubat dari api Neraka"

Washiat Nabi kepada Sayyidina 'Ali Karromallohu Wajhah yang ke 50-53 masalah Sahabat Sejati.
Semoga kita semua bisa mengambil manfaat dari kajian rutin ini mulai dari Bag pertama sampai saat ini, dan semoga Alloh Subhanahu Wa ta'alaa tetap memberikan kesehatan serta keistiqomahan kepada saya, agar senantiasa bisa menulis kajian-kajian yang Insya Alloh bermanfaat bagi kita semua, khususnya bagi diri pribadi Al-faqir Aamiin Allohumma Aamiin.
Baik kajian kali ini akan saya mulai, dengan ucapan Basmalah (Bismillahir Rohmanir Rohim)

ﻳﺎﻋﻠﻲ ؛ ﺑﺌﺲ ﺍﻟﺼﺪﻳﻖ ﺍﻟﺬﻱ ﻳﻘﺼﺮ ﻓﻲ ﺻﺪﻳﻘﻪ ﻭﻳﻔﺸﻲ ﺳﺮﻩ

"Wahai 'Ali, teman yang terburuk adalah, seseorang yang berlaku sungkan terhadap temannya serta membeberkan rahasia temannya kepada orang lain"
Maksud hadits diatas adalah, seorang yang paling buruk akhlaqnya adalah teman yang enggan untuk menegur tatkala kita salah, teman yang enggan menasehati tatkala kita keliru, namun justru ia membeberkan kesalahan dan kekeliruan kita kepada orang lain.

ﻳﺎﻋﻠﻲ ؛ ﺍﻟﻒ ﺻﺪﻳﻖ ﻗﻠﻴﻞ، ﻭﻋﺪﻭ ﻭﺍﺣﺪ ﻛﺜﻴﺮ

"Wahai 'Ali, seribu kawan itu terlalu sedikit, namun satu orang musuh saja itu terlalu banyak"

ﻳﺎﻋﻠﻲ ؛ ﻟﻠﺼﺪﺍﻗﺔ ﻋﻼﻣﺎﺕ، ﺃﻥ ﻳﺠﻌﻞ ﻣﺎﻟﻪ ﺩﻭﻥ ﻣﺎﻟﻚ ﻭﻧﻔﺴﻪ ﺩﻭﻥ ﻧﻔﺴﻚ ﻭﻋﺮﺿﻪ ﺩﻭﻥ ﻋﺮﺿﻚ

"Wahai 'Ali, bagi suatu ikatan (sahabat) yang sejati terdapat ciri"nya, yaitu dia lebih mementingkan untuk kepentinganmu daripada kepentingan dirinya, dia lebih mementingkan keselamatan dirimu daripada keselamatan dirinya, dia lebih mementingkan kehormatanmu daripada kehormatan dirinya"
Maksudnya adalah : Dalam sebuah ikatan sahabat yang sejati ialah keduanya (masing" dari kedua belah pihak) lebih saling mengutamakan kepentingan sahabat sejatinya daripada untuk kepentingan dirinya sendiri.
Sooo jangan sampai salah dalam memilih sahabat.

 ﻳﺎﻋﻠﻲ ؛ ﻻﺗﻮﺑﺔ ﻟﻠﺘﺎﺋﺐ ﺣﺘﻰ ﻳﻐﺴﻞ ﺑﻄﻨﻪ ﻣﻦ ﺍﻟﺤﺮﺍﻡ ﺑﻄﻴﺐ ﻛﺴﺒﻪ

"Wahai 'Ali, tidak ada artinya bagi taubat seseorang yang bertaubat, sampai dia betul-betul membersihkan perutnya dari segala yang haram dengan usaha yang baik"
Artinya, percuma bertaubat bila dirinya masih suka memakan makanan harom.

ﻳﺎﻋﻠﻲ ؛ ﺇﺫﺍ ﻟﻢ ﻳﻜﻦ ﺍﻟﻌﺎﻟﻢ ﺗﻘﻴﺎ ﻇﻠﺖ ﻣﻮﻋﻈﺘﻪ ﻋﻠﻰ ﻗﻠﻮﺑﻪ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻛﻤﺎ ﻳﻀﻞ ﺍﻟﻘﻄﺮ ﻋﻠﻰ ﺑﻴﺾ ﺍﻟﻨﻌﺎﻡ ﻭﺍﻟﺼﻔﺎ

"Wahai 'Ali, apabila seorang Alim tidak nenjadi seorang bertaqwa, maka nasehat yang disampaikannya tidak akan berbekas dihati manusia, seperti tidak berbekasnya tetesan air yang menetes keatas telur burung onta atau menetes dibukit sofa.

ﻳﺎﻋﻠﻲ : ﺇﺫﺍ ﻣﻀﻰ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﺆﻣﻦ ﺃﺭﺑﻌﻮﻥ ﺻﺒﺎﺣﺎ ﻭﻟﻢ ﻳﺠﺎﻟﺲ ﺍﻟﻌﻠﻤﺎﺀ ﻗﺴﻰ ﻗﻠﺒﻪ ﻭﺟﺴﺮ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻜﺒﺎﺋﺮ ﻻﻥ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﺧﻴﺎﺓ ﺍﻟﻘﻠﺐ

"Wahai 'Ali, apabila berlalu 40 hari atas diri seorang mukmin tanpa berkumpul dengan ulama maka mengeraslag hatinya dan dia akan terperosok kedalam lembah" Dosa besar, karena Ilmu adalag sumber bagi kehidupan hati.

Pada Hadits atau washiat Nabi kepada Sayyidina 'Ali karromallohu wajhah yang ke 62.

ﻳﺎﻋﻠﻲ ؛ ﻻﺩﻳﻦ ﻟﻤﻦ ﻻﺧﺸﻴﺔ ﻟﻪ، ﻭﻻ ﻋﻘﻞ ﻟﻤﻦ ﻻ ﻋﺼﻤﺔ ﻟﻪ، ﻭﻻ ﺇﻳﻤﺎﻥ ﻟﻤﻦ ﻻ ﻭﺭﻉ ﻟﻪ، ﻭﻻ ﻋﺒﺎﺩﺓ ﻟﻤﻦ ﻻ ﻋﻠﻢ ﻟﻪ، ﻭﻻ ﻣﺮﻭﺀﺓ ﻟﻤﻦ ﻻ ﺻﺪﻗﺔ ﻟﻪ، ﻭﻻ ﺍﻣﺎﻥ ﻟﻤﻦ ﻻ ﺳﺮ ﻟﻪ، ﻭﻻ ﺗﻮﺑﺔ ﻟﻤﻦ ﻻ ﺗﻮﻓﻴﻖ ﻟﻪ، ﻭﻻ ﺳﺨﺎﺀ ﻟﻤﻦ ﻻ ﺣﻴﺎﺀ ﻟﻪ .

"Wahai 'Ali, tidak ada agama bagi orang yang tidak ada rasa takut baginya, tidak ada akal bagi orang yang tidak mempunyai pegangan hidupnya, tidak ada iman bagi orang yang tidak hati" dalam segala sikapnya, tidak ada nilai suatu ibadah bagi orang yang tidak mempunyai ilmu tentang ibadahnya, tidak ada perikemanusiaan bagi orang yang tidak mempunyai rasa persahabatan pada dirinya, tidak ada yang dapat dipercayakan kepada orang yang tidak ada sesuatu yang dirahasiakannya, tidak ada taubat bagi orang yang tidak ada taufiq baginya dan tidak ada keluhuran jiwa bagi orang yang tidak mempunyai rasa malu.
Maksudnya.
1- Tidak ada agama bagi orang yang tidak mempunyai rasa takut baginya : Seseorang bisa memilih dan memeluk atau menganut sebuah agama karena didalam hatinya ada rasa takut terhadap ketentuan yang dilahirkan oleh 'agama tersebut, oleh karenanya seorang Atheis tak beragama lantaran dalam dirinya sudah tidak ada rasa takut.
2- Tidak ada akal bagi orang yang tidak mempunyai pegangan hidupnya : Orang yang tidak mempunyai akal dia tidak akan mempunyai pegangan dalam hidupnya tidak bisa membedakan mana yang haq dan mana yang bathil mana yang halal dan mana yang harom, dan tidak bisa memilih jalan untuk kehidupannya.
3- Tidak ada iman bagi orang yang tidak berhati" dalam setiap sikapnya : Orang yang beriman tentu dia akan sangat hati' terhadap apa yang akan dia lakukan, sebab ia merasa semua yang dilakukannya tidak lepas dari pengawasan Tuhan.
4- tidak ada nilai suatu ibadah bagi orang yang tidak memiliki Ilmu dalam peribadatannya : Orang yang melakukan Ibadah yang tidak mengerti syarat sah dan rukunnya, maka Ibadah yang dilakukan adalah sia sia..
5 : Tidak ada perikemanusiaan bagi orang yang tidak memiliki rasa persahabatan pada dirinya : Orang yang cuek bebek atau yang maunya hidup sendiri ia cendrung mempunyai sifat masa bodoh dengan yang lain.
6- Tidak ada taubat bagi orang yang tidak ada taufiq baginya.
7- Tidak ada keluhuran jiwa bagi orang yang tidak memilikk rasa malu.

ﻳﺎﻋﻠﻲ ؛ ﻣﻦ ﻟﻢ ﻳﻜﻦ ﻭﺭﻋﺎ ﻋﻦ ﺍﻟﻤﻌﺎﺻﻲ ﻓﺒﻄﻦ ﺍﻻﺭﺽ ﺧﻴﺮ ﻟﻪ ﻣﻦ ﻇﻬﺮﻫﺎ ﻻﻧﻪ ﻻ ﺍﻳﻤﺎﻥ ﻓﻲ ﻗﻠﺒﻪ

"Wahai 'Ali, barang siapa yang tidak bisa menjaga dirinya dari ma'siat, maka perut bumi lebih baik baginya daripada permukaannya, dikarenakan tidak ada Iman didalam hatinya.
Artinya : Orang yang tidak bisa menjauhi ma'siat atau orang yang tidak mempunyai iman dalam hatinya maka mati baginya lebih utama daripada hidup.

ﻳﺎﻋﻠﻲ ؛ ﺍﺻﻞ ﺍﻟﻮﺭﻉ ﺗﺮﻙ ﺍﻟﺤﺮﺍﻡ ﻭﻣﺎ ﺣﺮﻡ ﺍﻟﻠﻪ، ﻭﺭﺃﺱ ﺍﻟﻜﺮﺍﻡ ﻓﻲ ﺗﺮﻙ ﺍﻟﻤﻌﺎﺻﻲ

"Wahai 'Ali, pangkal waro' adalah meninggalkan segala yang haram (dalam bentuk perbuatan) dan segala yang diharamkan oleh Alloh (dalam bentuk makanan serta cara memperolehnya), adapun pangkal kemuliaan adalag terletak pada meninggalkan ma'siat.

ﻳﺎﻋﻠﻲ ؛ ﺍﻥ ﺍﻟﺮﺟﻞ ﻟﻴﺒﻠﻎ ﺑﺎﻟﺨﻠﻖ ﺍﻟﺤﺴﻦ ﺩﺭﺟﺔ ﺍﻟﺼﺎﺋﻢ ﺍﻟﻘﺎﺋﻢ ﺍﻟﻤﻐﺎﺯﻱ ﻓﻲ ﺳﺒﻴﻞ ﺍﻟﻠﻪ .

"Wahai 'Ali, dengan berakhlaq baik, seseorang akan dapat mencapai derajat orang yang berpuasa dengan senantiasa bangun malam untuk Ibadah sambil melakukan perjuangan dimedan peperangan dijalan Alloh Subhanahu Wa ta'alaa (Fisabilillah)
Maksudnya : Seseorang yang mempunyai Akhlaqul Karimah atau memliki sifat sopan santun terhadap sesama, terhadap yang lebih tua, terhadap orang tua, terhadap guru dan kerabatnya maka derajatnya Alloh angkat seperti derajatnya orang yang sedang puasa rajin qiyamul lail dan perang dijalan Alloh.
Betapa utama dan mulianya orang yang mempunyai Akhlaqul karimah, sampai sampai derajatnya begitu tinggi dimata Alloh Subhanahu Wa ta'alaa.
Berikut kami kutip terjemah kitab Bidayatul Hidayah tentang Adab/Akhlaq kepada
Adab Bergaul
Ketahuilah bahwa ‘sahabatmu’ yang tak pernah berpisah denganmu entah dalam keadaan diam, bepergian, tidur, diam, bahkan dalam hidup dan matimu adalah Tuhan Penciptamu. Selama engkau mengingatNya, niscaya Dia menjadi ‘Teman dudukmu’. Sebab, Alloh Subhanahu Wa ta'alaa berkata, “Aku adalah teman duduk bagi orang yang berzikir pada-Ku.” Selama hatimu sedih karena tak mampu menunaikan kewajiban agamamu, maka Dia senantiasa menyertaimu. Sebab Alloh Subhanahu Wa ta'alaa berkata, “Aku berada bersama mereka yang hatinya sedih karena-Ku.” Apabila engkau betul-betul mengenali-Nya, niscaya engkau akan menjadikan-Nya sebagai ‘sahabat’ dan niscaya engkau akan meninggalkan yang lainnya. Jika engkau tak mampu melaksanakan hal itu setiap waktu, maka engkau harus menyediakan waktu di malam dan di siang hari untuk kau pergunakan berkhalwat bersama Tuhan dan merasakan kenikmatan bermunajat kepada-Nya. Berkenaan dengan hal itu, engkau harus mengetahui adab-adab menjalin hubungan dengan Tuhan. Yaitu, menundukkan kepala, menjaga pandangan mata, mengkonsen­trasikan pikiran, senantiasa diam, menenangkan anggota badan, segera mengerjakan perintah, meninggalkan larangan, tidak menolak takdir, senantiasa berzikir dan berpikir, mengutamakan yang hak atas yang batil, putus asa dari makhluk, tunduk dengan perasaan hormat, risau diliputi oleh rasa malu, tenang dalam berusaha ka­rena yakin atas jaminan-Nya, bertawakal kepada karunia Allah Swt. Semua ini harus menjadi karaktermu sepanjang siang dan malam. Itulah adab menjalin hubungan dengan ‘Teman yang tak pernah berpisah denganmu.’ Adapun semua makhluk, dalam waktu tertentu akan berpisah denganmu.
01. Adab Seorang Alim (Guru)
Jika engkau seorang alim, maka adab yang kau harus kau perhatikan adalah sabar, selalu santun, duduk dengan wibawa disertai kepala yang tunduk, tidak takabur terhadap semua hamba kecuali pada mereka yang lalim dengan tujuan menghapus kelalimannya, bersikap tawadu dalam setiap majelis dan pertemuan, tidak bersenda gurau, menyayangi murid, berhati-hati terhadap orang yang sombong, memperbaiki negeri dengan cara yang baik dan tidak marah, tidak malu untuk mengaku tidak tahu, memperhatikan pertanyaan si penanya dan berusaha memahami pertanyaannya, mau menerima hu­jah dan mengikuti yang benar dengan kembali kepadanya manakala ia salah, melarang murid mempelajari ilmu yang berbahaya dan mengingatkannya agar tidak menuntut ilmu untuk selain rida Alloh Swt, melarang murid sibuk dengan hal-hal yang bersifat fardu kifayah sebelum menyelesaikan yang fardu ain (yang termasuk fardu ain adalah memperbaiki yang lahir dan batinnya dengan takwa) serta membekali dirinya terlebih dahulu dengan sikap takwa tersebut agar sang murid bisa mencontoh amalnya, kemudian mengambil manfaat dari ucapannya.
02. Adab Seorang Murid
Jika engkau seorang murid, maka adab yang harus dimiliki oleh seorang murid terhadap gurunya adalah mendahuluinya dalam memberi hormat dan salam, tidak banyak berbicara di hadapannya, tidak mengatakan apa yang tak ditanya oleh gurunya, tidak bertanya sebelum diberi izin, tidak mengungkapkan sesuatu yang bertentangan dengan ucapannya, misalnya dengan ber- kata, “Pendapat si fulan berbeda dengan dengan ucapanmu”, tidak menunjuk sesuatu yang berseberangan dengan pendapatnya sehingga terlihat ia lebih tahu tentang yang benar daripada gurunya, tidak bertanya kepada teman duduk gurunya dalam majelisnya, tidak menoleh ke sekitarnya, melainkan ia harus duduk dengan menundukkan pandangan disertai sikap tenang dan etika sebagaimana ketika menunaikan salat. Murid juga tak boleh banyak bertanya ketika guru sedang bosan. Jika guru berdiri maka sang murid juga harus berdiri untuknya, tidak diikuti dengan pembicaraan dan pertanyaan, tidak bertanya kepadanya dalam perjalanan menuju rumah.
Tidak berburuk sangka pada perbuatan-perbuatan yang secara lahiriah tidak bisa diterima, karena ia lebih mengetahui rahasia dibalik itu semua. Sehubungan dengan hal itu perhatikan pertanyaan Musa a.s kepada Nabi Khidir alayhissalam
“apakah engkau sengaja melubangi perahu itu untuk menenggelamkan penumpangnya? Sungguh kamu telah melakukan kesalahan yang besar”(Q.S al-Kahfi: 71)
Ia salah dalam menyikapi perbuatan Nabi Khidir alayhissalam karena bersandar pada apa yang tampak secara lahir.

ﻳﺎﻋﻠﻲ ؛ ﻛﻦ ﺑﺸﺎﺷﺎ ﻓﺈﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﻳﺤﺐ ﺍﻟﺒﺸﺎﺷﻴﻦ ﻭﻳﺒﻐﺾ ﺍﻟﻌﺒﻮﺱ ﺍﻟﻜﺮﻳﻪ ﺍﻟﻮﺟﻪ

"Wahai 'Ali, jadikanlah dirimu seorang yang bermuka senyum
smile emotikon , sesungguhnya Alloh Subhanahu Wa ta'alaa menyukai orang yang bermuka senyum smile emotikon dan membenci orang yang bermuka cemberut lagi masam  "
Akhir zaman kebanyakan manusia sudah nafsi", bertemu dengan tetangga masa bodoh tidak mau tegur sapa apalagi senyum, semuanya mementingkan dirinya sendiri tanpa memperdulikan orang sekitarnya.
Padahal diantara salah satu ajaran Nabi yang paling mudah dilakukan adalah senyum.
Rosululloh SAW adalah orang yang senantiasa menebar senyum. Sayangnya, kita yang hidup di zaman sekarang ini sering menganggap remeh masalah senyum ini.
Didalam kitab yang lain Rosululloh Sholallohu alayhi wasallam melalui sabdanya yang diriwayatkan oleh sahabat Abu Dzarr al-Ghifari Rodhiyallohu Anhu mengatakan :

ﻻﺗﺤﻘﺮﻥ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﻌﺮﻭﻑ ﺷﻴﺌﺎ، ﻭﻟﻮ ﺃﻥ ﺗﻠﻘﻰ ﺃﺧﺎﻙ ﺑﻮﺟﻪ ﻃﻠﻴﻖ . ﺭﻭﺍﻩ ﻣﺴﻠﻢ .

Jangan sekali" engkau meremehkan perbuatan baik sekecil apapun, meskipun perbuatan itu berupa engkau menemui saudaramu dengan wajah yang ceria (dengan senyum) (HR. Muslim)
Wajah ceria dan senyuman yang mengembang dari bibir ketika menemui saudara kita, sesungguhnya merupakan amalan yang sepele dan amat mudah dilakukan. Orang muslim itu, diantara ciri dan karakteristiknya adalah apabila bertemu dengan saudaranya ia akan mengucapkan salam dan berjabat tangan yang diiringi dengan tebaran senyum. Inilah tegur sapa ala Islam, dan inilah akhlak kaum muslimin.
Tetapi, rupa"nya banyak orang yang tidak mampu melakukannya. Jangankan senyum, menjabat tangan saudaranya saja terkadang tidak mau. Ada orang yang karena dihinggapi gengsi dan perasaan bahwa dirinya lebih hebat dari orang lain, ia enggan bertegur sapa dengan saudaranya sendiri, apalagi memberinya senyuman manis.
Seorang atasan tidak mau tersenyum ketika bertemu bawahannya, Pejabat enggan tersenyum ketika ditemui rakyatnya, Guru merasa tidak perlu tersenyum kepada murid"nya. Orang kaya begitu berhati" menebar senyum kepada orang" miskin. Dan bahkan, ada kyai, yang karena perasaan bahwa dirinya adalah orang top dan ingin dilihat berwibawa oleh jamaahnya, bibirnya selalu tertutup rapat untuk sekedar menebar senyum. Memang, rasa"nya, di zaman ini senyum itu mahal harganya seperti mahalnya sebuah harga diri.
ﻳﺎﻋﻠﻲ ؛ ﺭﺃﺱ ﺍﻟﻌﺒﺎﺩﺓ ﺍﻟﺼﻤﺖ ﺍﻻ ﻣﻦ ﺫﻛﺮ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ
"Wahai 'Ali, pangkal segala Ibadah adalah diam (tidak berbicara) kecuali untuk dzikir kepada Alloh"
Dalam hadits dan kitab lain Nabi Sholallohu alayhi wasallam , bersabda :

ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻋﻤﺎﺩ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﻭﺍﻟﺼﻤﺖ ﺍﻓﻀﻞ , ﻭﺍﻟﺼﺪﻗﺔ ﺗﻄﻔﻰﺀ ﻏﻀﺐ ﺍﻟﺮﺏ ﻭﺍﻟﺼﻤﺖ ﺍﻓﻀﻞ , ﻭﺍﻟﺼﻮﻡ ﺟﻨﺔ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺎﺭ ﻭﺍﻟﺼﻤﺖ ﺍﻓﻀﻞ , ﻭﺍﻟﺠﻬﺎﺩ ﺳﻨﺎﻡ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﻭﺍﻟﺼﻤﺖ ﺍﻓﻀﻞ

“Sholat itu tiang Agama, sedang sikap diam itu lebih utama, sedekah itu dapat memadamkan murka Tuhan, sedang diam lebih utama, Puasa itu benteng neraka, sedang diam itu lebih utama, dan jihad itu adalah puncak Agama, sedangkan diam itu lebih utama.”
Hadist di atas menjelaskan bahwa , Agama tidak akan berdiri tanpa Shollat, seperti tidak akan berdiri sebuah rumah tanpa disertai tiang"nya. Shalat merupakan pernyataan sebenarnya dari sifat kehambaan dan menunaikan hak ketuhanan. Sedang seluruh ibadah itu justru merupakan sarana menuju subtansi pengabdian yang sebenarnya tersebut. Tentang diam itu lebih utama daripada Sholat, dapat didasarkan pada sabda Nabi Shola :
‏( ﺍﻟﺼﻤﺖ ﺍﺭﻓﻊ ﺍﻟﻌﺒﺎﺩﺓ ‏) ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺪﻳﻠﻤﻰ ﻋﻦ ﺍﺑﻰ ﻫﺮﻳﺮﺓ
“Diam adalah ibadah tingkat tinggi.” (H.R. Ad-Dailami dari Abu Hurairah).
Yang dimaksud diam di sini ialah tidak mengucapkan segala sesuatu yang tidak bermanfaat munurut agama dan dunia, juga tidak usah membantah orang yang menentang. Justru diam termasuk ibadah tingkat tinggi, karena kebanyakan kesalahan" itu timbul dari lisan.
Maka dari itu, barang siapa yang memelihara ucapannya, maka dia selamat di dunia dan akhirat.

ﻣﻦ ﺣﻔﻆ ﺍﻟﻠﺴﺎﻥ ﺳﻠﻢ ﻓﻰ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎ ﻭﺍﻻﺧﺮﺓ

Selain itu, Nabi Muhammad Sholallohu alayhi wasallam bersabda :

‏( ﺍﺣﺐ ﺍﻻﻋﻤﺎﻝ ﺍﻟﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺣﻔﻆ ﺍﻟﻠﺴﺎﻥ ‏) ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺒﻴﻬﻘﻰ

"Amal (perbuatan) yang paling disukai Alloh, Adalah memelihara lisan".
(H.R. Baihaqi)
Diam lebih utama daripada sedekah, Nabi Muhammad Sholallohu alayhi wasallam bersabda :

‏( ﺍﻟﺼﻤﺖ ﺯﻳﻦ ﻟﻠﻌﺎﻟﻢ ﻭﺳﺘﺮﻟﻠﺠﺎﻫﻞ ‏) ﺭﻭﺍﻩ ﺍﺑﻮﺍﻟﺸﻴﺦ ﻋﻦ ﺍﻟﻤﺤﺮﺯ

“Diam itu hiasan bagi orang alim dan penutup bagi orang bodoh.”
(H.R. Abusy Syekh dari Al-Mihrazi).

Diam dapat menambah kewibawaan yang hal ini pertanda adanya ilmu. Sesungguhnya orang yang bodoh itu tidak akan diketahui bodohnya, jika dia tidak berbicara.
Diam lebih utama daripada puasa, sebagaimana sabda Nabi Muhammad Sholallohu alayhi wasallam :

‏( ﺍﻟﺼﻤﺖ ﺳﻴﺪﺍﻻﺧﻼﻕ ‏) ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺪﻳﻠﻤﻰ ﻋﻦ ﺍﻧﺲ ﺭﺿﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ

“Diam adalah pimpinan akhlak.”
Dari hadist tersebut dapat diambil kesimpulan, bahwa diam dari perkara yang tidak ada pahalanya, adalah pimpinan akhlak mulia, karena menyelamatkan pelakunya dari ghibah dan sebagainya. Adapun memperbanyak melakukan perkara yang mendatangkan pahala, misalnya dzikir, membaca Al-Qur’an dan ilmu, lebih utama daripada diam. Jihad itu adalah puncak Agama, namun diam lebih utama, yaitu yang paling tinggi nilainya jika dilihat.
Nabi Sholallohu alayhi wasallam bersabda :

‏( ﺍﻟﺼﻤﺖ ﺣﻜﻢ ﻭﻗﻠﻴﻞ ﻓﺎﻋﻠﻪ ‏) ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﻘﻀﺎﻋﻰ ﻋﻦ ﺍﻧﺲ ﻭﺍﻟﺪﻳﻠﻤﻰ

“Diam adalah hikmah, namun sedikit orang yang melakukannya.”
(H.R. Al-Qadhai dari Anas dan Ad-Dailami, dari Ibnu Umar)
Diam itu hikmah dan tidak banyak yang melaksanakannya, karena belum mengetahui hal itu. Memang, tidak banyak orang yang mau diam diri dari mengemukakan hal" yang sesungguhnya menyebabkan kehinaan dirinya sendiri.

Sebelum melanjutkan pada kajian berikutnya, mari kita terlebih dahulu membacakan Fatihah kepada Mu'allif kitab ini Syaikh Abdul Wahhab As-Sya'roni kepada guru-guru kita, kepada orang tua kita semoga rohmat Alloh senantiasa menyertai mereka Bisirril Faatihah Aamiin.
Baik kita lanjut pada Hadits atau Washiat Nabi Muhammad SAW yang ke 68 kepada Sayyidina 'Ali Karromallohu Wajhah, semoga kita semua dapat mengamalkan semua washiat washiat ini Aamiin.

ﻳﺎﻋﻠﻲ ؛ ﻛﺜﺮﺓ ﺍﻟﻨﻮﻡ ﺗﻤﻴﺖ ﺍﻟﻘﻠﺐ ﻭﺗﺬﻫﺐ ﺍﻟﺒﻬﺎﺀ، ﻭﻛﺜﺮﺓ ﺍﻟﺬﻧﻮﺏ ﺗﻤﻴﺖ ﺍﻟﻘﻠﺐ ﻭﺗﻮﺭﺙ ﺍﻟﻨﺪﻡ .

Artinya :
"Wahai 'Ali, seseorang yang banyak tidur itu dapat menyebabkan matinya hati dan hilangnya kewibawaan, dan orang yang banyak berbuat ma'siat/dosa dapat mengakibatkan matinya hati dan penyesalan. 

ﻳﺎﻋﻠﻲ ؛ ﻣﻦ ﺍﻧﻌﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻓﺸﻜﺮ ﻭﺍﺑﺘﻼﻩ ﻓﺼﺒﺮ ﻭﺍﺳﺎﺀ ﻓﺎﺳﺘﻐﻔﺮ ﺩﺧﻞ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻣﻦ ﺍﻱ ﺑﺎﺏ ﺷﺎﺀ .

Artinya :
"Wahai 'Ali, barangsiapa yang dikaruniai oleh Alloh dengan sesuatu nikmat kemudian dia bersyukur, dan jika ia diuji denga bala ia bersabar, dan ketika dia berbuat kesalahan lalu dia beristighfar atau meminta ampun, maka dia akan masuk kedalam surga dari pintu mana sajA.

Pesan baginda Nabi Muhammad SAW kepada Sayyidina Ali yang ke 70.
ﻳﺎﻋﻠﻲ ؛ ﻻﺗﻔﺮﺡ ﺇﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﻻﻳﺤﺐ ﺍﻟﻤﻔﺮﺣﻴﻦ، ﻭﻋﻠﻴﻚ ﺑﺎﻟﺤﺰﻥ ﻓﺈﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﻳﺤﺐ ﻛﻞ ﺣﺰﻳﻦ
"Wahai 'Ali, janganlah engkau bersuka ria, karena sesungguhnya Alloh tidak menyukai orang yang bersuka ria, dan biasakanlah dirimu selalu berprihatin, karena sesungguhnya Alloh SWT menyukai orang yang selalu prihatin.
Maksudnya adalah : Bersuka ria disini ialah bersenda gurau, tertawa atau riang gembira yang menyebabkan lupa kepada Alloh Subhanahu Wa ta'alaa.
Didalam Hadits Qudsi Alloh Subhanahu Wa ta'alaa berfirman :
“Wahai manusia! Aku heran pada orang yang yakin akan kematian, tapi ia hidup bersuka-ria.
Aku heran pada orang yang yakin akan pertanggung jawaban segala amal perbuatan di akhirat, tapi ia asyik mengumpulkan harta benda.
Aku heran pada orang yang yakin akan kubur, tapi ia tertawa terbahak-bahak.
Aku heran pada orang yang yakin akan adanya alam akhirat, tapi ia menjalani kehidupan dengan bersantai-santai.
Aku heran pada orang yang yakin akan kehancuran dunia, tapi ia menggandrunginya.
Sumber : Al-Mawa’idz fil Ahadis al-Qudsiyyah.
Jadi jelas maksud bersuka ria dalam Washiat diatas adalah hidup dalam gelamor, selalu tidak pernah takut akan kematian yang akan datang.
Sedang maksud prihatin diatas adalah, kita senantiasa memperhatikan terhadap diri kita kepada saudara kita dan kepada sesama, senantiasa peduli kepada sesama Makhluq Alloh Subhanahu Wa ta'alaa dan orang yang demikian adalah orang yang dicintai oleh Alloh Subhanahu Wa ta'alaa.
Washiat berikutnya atau yang ke 71 yang disampaikan Baginda Nabi kepada Sayyidina 'Ali adalah :

ﻳﺎﻋﻠﻲ ؛ ﻣﺎ ﻣﻦ ﻳﻮﻡ ﺟﺪﻳﺪ ﺍﻻ ﻭﻳﻘﻮﻝ ﻳﺎ ﺍﺑﻦ ﺁﺩﻡ ﺍﻧﺎ ﻳﻮﻡ ﺟﺪﻳﺪ ﻭﻋﻠﻰ ﻋﻤﻠﻚ ﺷﻬﻴﺪ ﻓﺎﻧﻈﺮ ﻣﺎﺫﺍ ﺗﻔﻌﻞ .

Artinya : "Wahai 'Ali, setiap terjadi pergantian hari, maka hari yang baru datang itu berkata, (wahai anak adam, aku adalah hari yang baru dan atas segala amal perbuatanmu aku menjadi saksi, maka perhatikanlah apa yang akan engkau perbuat)"

Wallohu A'lamu Bisshowwab

Wassalamu alaykum Wa rohmatulloh Wa barokatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.