Minggu, 18 November 2018

محبة الرسول

بسم الله الرحمن الرحيم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله الذى خلَق كلَّ شيء فاحسن خلقهُ وترتيبه
وادّب نبيه محمدا صلى الله عليه وسلم فاحسن تأديبه
وزكى اوصافه واخلاقه ثم اتخذه صفيّهُ وحبيبه
ووفق للاقتداء به من اراد تهذيبه
اشهد ان لااله الا الله وحده لا شريك له
شهادة تنجى قائلَها من عذاب يوم القيامة
واشهد ان سيدنا محمدا عبده ورسوله نبي الرحمة وشفيع الامة وكاشف الغمة
اللهم صل على سيدنامحمد في الأولين وصل على سيدنامحمد في الآخرين وصل على سيدنامحمد في النبيين وصل على سيدنا محمد في المرسلين وصل على سيدنامحمد في الملأ الأعلى إلى يوم الدين
امابعد
فياايها المسلمون اتقوا الله فقد فاز المتقون

Hadirin Jamaah Jum’at Rahimakumullah
Dalam kesempatan yang mulia ini, marilah kita terus-menerus meningkatakan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt., dengan melaksanakan segala perintah-perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-larangan-Nya, sebab hanya dengan iman dan taqwa yang sesungguhnya, kebahagiaan dan keselamatan dunia sampai akhirat akan kita miliki.
Mudah-mudahan kita termasuk dalam golongan hamba Allah yang mendapat ridha-Nya dan senantiasa dalam rahmat serta lindungan-Nya, bahagia dunia dan akhirat, amin.

Hadirin Jamaah Jum’at Rahimakumullah
Kita telah memasuki bulan yang bersejarah yakni bulan dimana Rasulullah Saw. Dilahirkan, Rasul yg sangat mencintai dan dicintai umatnya, pembawa Risalah terakhir, Nabi yg penuh kasih sayang,Nabi yg mensyafaati umatnya dan nabi yg menghilangkan kegelisahan dan kesedihan....

Untuk itu Sebagai umat Nabi Muhammad Saw. yang mencintai beliau, sudah sepantasnya jika hari kelahiran baginda Nabi Saw Ini, kita merayakan dan memperingatinya sebagai bukti cinta kita kepadaNya.

Peringatan maulid Nabi hendaklah dijadikan momentum memupuk kecintaan dan ketaatan kepada Allah SWT dan RasulNya dg melazimkan zikir dan Sholawat atas Nabi Muhammad SAW SERTA istiqomah dalam beramal sholeh.

Allah Swt. Berfirman:

ﻗُﻞْ ﺇِﻥْ ﻛُﻨْﺘُﻢْ ﺗُﺤِﺒُّﻮﻥَ ﺍﻟﻠﻪَ ﻓَﺎﺗَّﺒِﻌُﻮﻧﻲ ﻳُﺤْﺒِﺒْﻜُﻢُ ﺍﻟﻠﻪُ ﻭَ ﻳَﻐْﻔِﺮْ ﻟَﻜُﻢْ ﺫُﻧُﻮﺑَﻜُﻢْ ﻭَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻏَﻔُﻮﺭٌ ﺭَﺣﻴﻢٌ

ﻗُﻞْ ﺃَﻃﻴﻌُﻮﺍ ﺍﻟﻠﻪَ ﻭَ ﺍﻟﺮَّﺳُﻮﻝَ ﻓَﺈِﻥْ ﺗَﻮَﻟَّﻮْﺍ ﻓَﺈِﻥَّ ﺍﻟﻠﻪَ ﻻ ﻳُﺤِﺐُّ ﺍﻟْﻜﺎﻓِﺮﻳﻦَ
Artinya:
“katakanlah, ‘jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku(Rosul) niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu, Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.’
Katakanlah, ‘Taatilah Allah dan Rasul-Nya, jika kamu berpaling maka sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang kafir. ” (QS. Ali-Imron: 31-32)

ﻭَﻣَﻦْ ﻳُﻄِﻊِ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻭَﺍﻟﺮَّﺳُﻮﻝَ ﻓَﺄُﻭﻟَٰﺌِﻚَ ﻣَﻊَ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺃَﻧْﻌَﻢَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻬِﻢْ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻨَّﺒِﻴِّﻴﻦَ ﻭَﺍﻟﺼِّﺪِّﻳﻘِﻴﻦَ ﻭَﺍﻟﺸُّﻬَﺪَﺍﺀِ ﻭَﺍﻟﺼَّﺎﻟِﺤِﻴﻦَ ۚ ﻭَﺣَﺴُﻦَ ﺃُﻭﻟَٰﺌِﻚَ ﺭَﻓِﻴﻘًﺎ

Dan barangsiapa yang mentaati Allah dan Rasul(Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu: Nabi-nabi, para shiddiiqiin, orang-orang yang mati syahid, dan orang-orang saleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya

عن عائشة رضى الله عنها انها قالت . مَن احبَّ اللهَ تعالى اكثرَ ذِكرَه، وثمرتُه ان يَذكُرَه اللهُ برحمتِه وغفرانه ويُد خِلَه الجنةَ مع انبيائه واوليائه ويُكرِمَه برؤية جمالهِ، ومن احبَّ النبىَّ عليه السلام اكثرَمن الصلاة عليه وثمرتُه الوصولُ الى شفاعتِه و صُحبتهِ فى الجنة (كذافى الجامع الصغير)

Dari Aisyah RA, bahwa dia berkata:” Barang siapa mencintai Allah Ta’ala, maka dia banyak mengingat-Nya, sedang buahnya ialah, bahwa Allah mengingat dia dengan rahmat-Nya dan ampunan-Nya serta memasukanya ke dalam surga bersama para Nabi-Nya dan para Wali-Nya, dan dimuliakan dia oleh-Nya dengan melihat keindahan-Nya. Dan barang siapa mencintai Nabi SAW, maka dia banyak bershalawat kepadanya, sedang buahnya ialah, mencapai syafaatnya dan berteman dengannya di surga,” (Demikian tersebut dalam al-Jami ‘us-Shagir)

Hadirin Jamaah Jum’at Rahimakumullah

Kewajiban Pertama Atas Umat Ini, Setelah Meyakini Kenabian Beliau Adalah Mencintai Beliau, Cinta yang Benar-Benar Tumbuh dari Hati yang Suci.
Bahkan seharusnya mencintai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melebihi cinta kita kepada orang tua, anak, istri, bahkan seluruh manusia. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

{ لا يؤمن أحدُكم حتى أكونَ أحبُّ إليه من والِده وولَده و الناسِ أجمعين }

“Tidaklah beriman sempurna salah seorang di antara kalian sehingga dia mencintaiku melebihi daripada cintanya kepada orang tua, anak, bahkan manusia seluruhnya”. (HR. Bukhari bab Hubbur rasuul shallallahu ‘alaihi wa sallam minal iimaan)

Di antara tanda kebenaran cinta seseorang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah keinginan mereka untuk dapat melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Seperti sabda beliau di dalam shahih Muslim:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مِنْ أَشَدِّ أُمَّتِي لِي حُبًّا نَاسٌ يَكُونُونَ بَعْدِي يَوَدُّ أَحَدُهُمْ لَوْ رَآنِي بِأَهْلِهِ وَمَالِهِ

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda: “Yang paling cinta kepadaku di antara umatku adalah orang-orang yang hidup sesudahku, di mana salah seorang di antara mereka ingin melihatku walau harus mengorbankan keluarga dan harta benda.” (HR. Muslim bab Fii man yawaddu ru’yatan nabiyyi shallallahu ‘alaihi wa sallam)

Kewajiban umat ini yang kedua dan sekaligus menjadi Hak Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam Adalah Engkau Meyakini Bahwa Tidak Ada Kebahagiaan dan Tidak Ada Kebaikan, Melainkan Hanya Dengan Mengikuti Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Apabila kita menginginkan hidayah, Sesungguhnya kita tidak akan mendapatkannya kecuali hanya dengan mengikuti Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Allah azza wa jalla berfirman:

وَاتَّبِعُوهُ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ - الأعراف

“Dan ikutilah dia (Rasulullah) agar kalian mendapatkan petunjuk.” (QS. Al-A’raaf: 158)
Sahabat abu bakar pernah di tanya Rosulullah SAW apa yg di sukai dari dunia ini
قال ابو بكر : انا حُبّبَ اليّ من دنياكم ثلاثٌ الجلوس بين يديك والصلاة عليك وانفاق مالى عليك

Dan berkatalah Sayyidina Abu Bakar ra..
"Aku suka dari dunia ini 3 perkara :
1.Duduk” bersamamu Ya Rasulullah
2.Bersalawat kepadaMu Ya Rasullah
3.Aku korbankan harta ku untuk Mu ya Rasulullah "

Hadirin Jamaah Jum’at Rahimakumullah
Diceritakan bahwa orang yg selalu membaca solawat akan memperoleh 10 kemulyaan

ﻭﻗﺪ ‏ﻗﻴﻞ ﻓﻲ ﺑﻌﺾ ﺍﻟﺮﻭﺍﻳﺎﺕ : إﻥ ﻟﻠﻤﺼﻠﻴﻦ ﻋﻠﻰ ﺳﻴﺪ ﺍﻟﻤﺮﺳﻠﻴﻦ ﻋﺸﺮَ ﻛﺮﺍﻣﺎﺕ :
* ‏( ﺇﺣﺪﺍﻫﻦ ‏) : ﺻﻼﺓ ﺍﻟﻤﻠﻚ ﺍﻟﻐﻔﺎﺭ .
1.mendapatkan Rahmat tadhim  dari Allah Raja yg Maha pengampun

* ‏( ﺍﻟﺜﺎﻧﻴﺔ ‏) : ﺷﻔﺎﻋﺔ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺍﻟﻤﺨﺘﺎﺭ .
2.mendapatkan Syafaat Rosulullah SAW Sang Nabi pilihan
* ‏( ﺍﻟﺜﺎﻟﺜﺔ ‏) : ﺍﻻﻗﺘﺪﺍﺀ ﺑﺎﻟﻤﻼﺋﻜﺔ ﺍﻷﺑﺮﺍﺭ .
3.mengikuti para malaikat yg selalu berbuat baik
* ‏( ﺍﻟﺮﺍﺑﻌﺔ ‏) : ﻣﺨﺎﻟﻔﺔ ﺍﻟﻤﻨﺎﻓﻘﻴﻦ ﻭﺍﻟﻜﻔﺎﺭ .
4.berbeda dg orang2 munafiq dan kafir yg tidak mau membaca sholawat
* ‏( ﺍﻟﺨﺎﻣﺴﺔ ‏) : ﻣﺤﻮُﺍ ﺍﻟﺨﻄﺎﻳﺎ ﻭﺍﻷﻭﺯﺍﺭ .
5. melenyapkan berbagai kesalahan dan dosa
* ‏( ﺍﻟﺴﺎﺩﺳﺔ ‏) : ﻗﻀﺎﺀ ﺍﻟﺤﻮﺍﺋﺞ ﻭﺍﻷﻭﻃﺎﺭ .
6.mendatangkan segala hajat dan tujuan
* ‏( ﺍﻟﺴﺎﺑﻌﺔ ‏) : ﺗﻨﻮﻳﺮ ﺍﻟﻈﻮﺍﻫﺮ ﻭﺍﻷﺳﺮﺍﺭ .
7.mencerahkan lahir dan batin
* ‏( ﺍﻟﺜﺎﻣﻨﺔ ‏) : ﺍﻟﻨﺠﺎﺓ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺎﺭ .
8.selamat dari api neraka
* ‏( ﺍﻟﺘﺎﺳﻌﺔ ‏) : ﺩﺧﻮﻝ ﺩﺍﺭ ﺍﻟﻘﺮﺍﺭ .
9.masuk surga yaitu tempat yg kekal
* ‏( ﺍﻟﻌﺎﺷﺮﺓ ‏) : ﺳﻼﻡ العزيز الجبار
10. Mendapatkan salam dari Allah yg Maha Agung dan Maha Perkasa

ﺟَﻌَﻠَﻨﺎ ﺍﻟﻠﻪُ ﻭَﺇﻳَّﺎﻛﻢ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻔَﺎﺋِﺰِﻳﻦ ﺍﻵﻣِﻨِﻴﻦ، ﻭَﺃﺩْﺧَﻠَﻨَﺎ ﻭﺇِﻳَّﺎﻛﻢ ﻓِﻲ ﺯُﻣْﺮَﺓِ ﻋِﺒَﺎﺩِﻩِ ﺍﻟﻤُﺆْﻣِﻨِﻴْﻦَ :
ﺃﻋﻮﺫ ﺑﺎﻟﻠﻪ ﻣﻦ ﺍﻟﺸﻴﻄﺎﻥ ﺍﻟﺮﺟﻴﻢ،
ﺑﺴﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ :

ﻟَﻘَﺪْ ﺟَﺎﺀَﻛُﻢْ ﺭَﺳُﻮﻝٌ ﻣِّﻦْ ﺃَﻧﻔُﺴِﻜُﻢْ ﻋَﺰِﻳﺰٌ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻣَﺎ ﻋَﻨِﺘُّﻢْ ﺣَﺮِﻳﺺٌ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢ ﺑِﺎﻟْﻤُﺆْﻣِﻨِﻴﻦَ ﺭَﺀُﻭﻑٌ ﺭَّﺣِﻴﻢٌ

(وقل رب اغفر وارحم وانت خير الراحمين)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.