Selasa, 25 Juni 2024

Kewalian menurut Para Ulama




Kalam tentang kewalian

 أقوال العلماء والمشايخ عن الولاية والأولياء، فنقل عن العلامة محمد سعيد اليدالي (ت 1166هـ) إن الولاية لغة مصدر ولي الشيء الذي يليه إذا تولاه وحاذاه، واصطلاحا قال ابن حجر الهيثمي (ت 973هـ): الولاية شيء يلقى في قلب الولي على سبيل الإلهام.. والإلهام شيء يلقى في القلب يثلج له الصدر وفي الحديث "إن في أمتي محدثين -بالفتح- وملهمين ومنهم عمر"..
وقال العياشي: "الولاية منة تقدمتها خدمة".
وسئل شيخنا سيدي احمد التجاني عن حقيقة الولاية فأجاب: الولاية عامة وخاصة فالعامة من آدم عليه السلام إلى عيسى عليه السلام والخاصة من سيد الوجود صلى الله عليه وسلم إلى الختم

Ucapan para ulama dan syekh tentang kewalian dan wali. Diriwayatkan dari ulama Muhammad Saeed Al-Yadali (w. 1166 H) bahwa kewalian menurut bahasa dari kata wali Syaik yaitu sesuatu yang mengikutinya jika dia menguasaibitu. dan mengikutinya. 
Secara istilah, Ibnu Hajar Al-Haythami (w. 973 H) mengatakan: kewalian adalah sesuatu yang ditusukkan ke dalam hati wali dengan cara ilham.. ilham adalah sesuatu yang terdapat di dalam hati yang menghangatkan hati, dan dalam hadis, “Sesungguhnya di antara umatku ada yang berinovasi – dengan terbukanya hati – dan ilham, dan di antara mereka ada Umar.”

 Al-Ayashi berkata: “wilayah adalah anugerah yang pendahuluannya adalah khidmah pengabdian.”

 Syekh kami, Sidi Ahmed Al-Tijani, ditanya tentang hakikat kewalian, dan dia menjawab: kewalian itu umum dan khusus, yang umum dari Nabi Adam AS sampai Nabi Isa AS, Yang khusus  dari Nabi Muhammad SAW  hingga kiamat.

وحقيقة الولي هو العارف بالله.        
والأولياء يمكن أن يعطيهم الله تعالى من العلوم التي لا يعلمها إلا هو ولكن لم يظهرها الله تعالى لخلقه، ولو بثوها لبادر الناس إلى الإنكار عليهم، قال زين العابدين بن الحسين بن علي كرم الله وجهه:
يا رب جوهر علم لو أبوح به لقيل لي انت ممن يعبد الوثنا
ولاستحل رجال مسلمون دمي يرون أقبح ما يأتونه حسنا

Hakikat wali adalah orang yang mengenal Allah.        
 Dan para wali itu boleh saja diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa dari ilmu yang hanya Dia yang mengetahuinya, namun Tuhan Yang Maha Kuasa tidak menurunkannya kepada makhluk-Nya, dan jika mereka menyebarkannya, orang-orang akan segera mencela mereka. Hussein bin Ali semoga Tuhan memuliakan wajahnya, berkata:
 Ya Tuhan, hakikat ilmu, jika aku menurunkannya, niscaya aku diberitahu bahwa Engkau termasuk orang yang menyembah berhala
 Dan laki-laki Muslim akan menghalalkan darahku, melihat perbuatan terburuk yang mereka lakukan sebagai kebaikan

ولي الله ريحان في الأرض

وحكى ابن حجر عن ابن عرفه (ت 803هـ) الإجماع على أن علم الشرائع لا يكون إلا بقصد التعليم وأما الذي يعلمه لأوليائه فالإلهامات والأنوار والمعارف التي لا يمكن أن تحصل بسبب كسب بل محض فضل الله تعالى ومنه.
وقال يحي بن معاذ (ت 258هـ): ولي الله ريحان في الأرض فإذا شمه المريدون وصلت رائحته إلى قلوبهم فيشتاقون إلى ربهم، وقال صلى الله عليه وسلم: النظر إلى الولي عبادة

Wali Allah Pengharum bumi

 Ibnu Hajar meriwayatkan dari Ibnu Arafa (w. 803 H) bahwa ada konsensus bahwa ilmu hukum Syareat hanya untuk tujuan pengajaran, dan adapun yang diajarkannya kepada para walinya adalah ilham, penerang, dan ilmu yang tidak dapat diperoleh karena perolehan, melainkan murni karena karunia Tuhan Yang Maha Esa dan dari-Nya.
 Yahya bin Muadh (w. 258 H) berkata: Kekasih Allah adalah wewangian di muka bumi, dan jika para Pengikut menciumnya, maka harumnya akan sampai ke hati mereka dan mereka merindukan Tuhannya. Nabi bersabda: Memandang wali adalah ibadah.

وقال زروق (ت 899هـ): ومما يدل على أن رؤية الولي تزيد في نور المعرفة وغيرها قول أنس رضي الله عنه: ما نفضنا التراب من أيدينا في دفن النبي صلى الله عليه وسلم حتى وجدنا النقص في قلوبنا.
وبالجملة فالأولياء أبواب الله ومعرفتهم مفتاح تلك الأبواب وأسنان ذلك المفتاح حفظ الأدب وحسن الخدمة والرحمة، فمن عاملهم بذلك فتح له وإلا فهو على خطر
وقال سفيان بن عيينة (ت 198هـ): عند ذكر الصالحين تتنزل الرحمة.
وقال سفيان الثوري (ت 161هـ): إن لم نكن صالحين فإننا نحب الصالحين.

Zarrouk (w. 899 H) berkata: Yang menandakan bahwa melihat wali menambah cahaya ilmu dan lain-lain adalah sabda Anas radhiyallahu 'anhu: Kami tidak membuang debu dari tangan kami saat menguburkan Nabi, semoga Tuhan memberkatinya dan memberinya kedamaian, sampai kami menemukan kekurangan di hati kami.
 Singkatnya, orang-orang suci adalah pintu-pintu Tuhan, dan mengenal mereka adalah kunci menuju pintu-pintu itu, dan gigi dari kunci itu menjaga adab sopan santun, pelayanan yang baik, dan belas kasihan, barang siapa mengamalkannya maka terbuka baginya dan jika tidak maka sebagai merasajan pengalaman
 Sufyan bin Uyaynah (w. 198 H) berkata: Ketika orang-orang shaleh disebutkan, maka turunlah rahmat.
 Sufyan Al-Thawri (w. 161 H) berkata: Jika kita bukan orang baik, maka kita mencintai orang yang baik.

وعن أبي يزيد البسطامي (ت 261هـ) إن لم تكن من أولياء الله فتحبب إليهم فإنه ينظر إلى قلوبهم فلعله يراك في قلوبهم فيلحقك بهم.
وقال الكرماني: ما تعبد متعبد بأكثر من التحبب لأولياء الله تعالى، وصحبة أولياء الله تعالى دليل على محبة الله تعالى.
وكان العز (عز الدين بن عبد السلام –عاش في القرن السابع الهجري-) يبالغ في تعظيم الصوفية وقال: ما عرفت الدين الكامل إلا بعد اجتماعي بأبي الحسن الشاذلي (عاش في القرن السابع الهجري).
ونقل عن حجة الإسلام الغزالي (ت 505هـ) انه قال لما اجتمع بشيخه: ضيعنا أعمارنا في البطالة، يعني بالنسبة إلى ما فاته من أحوال الطريقة 

Dari Abu Yazid al-Bistami (w. 261 H): Jika kamu bukan salah satu sahabat Allah, maka cintailah mereka, karena Dia melihat ke dalam hati mereka, dan mungkin Dia akan melihatmu di dalam hati mereka dan menyatukanmu dengan mereka. 
 Al-Kirmani berkata: tidak ada pengabdian  yang lebih banyak dari rasa cinta kepada para wali Allah, dan pergaulan dengan para wali Allah adalah bukti cinta kepada Allah.
 Al-Izz (Izz al-Din bin Abd al-Salam - yang hidup pada abad ketujuh H) membesar-besarkan penghormatannya terhadap tasawuf dan berkata: Saya tidak mengetahui agama yang sempurna sampai saya bertemu Abu al-Hasan al-Shadhili (yang hidup pada abad ketujuh H).
 Diriwayatkan dari Hujjat al-Islam al-Ghazali (w. 505 H) bahwa beliau berkata ketika bertemu dengan syekhnya: Kami telah menyia-nyiakan hidup kami dalam pengangguran, maksudnya sehubungan dengan apa yang dia lewatkan mengenai syarat-syarat tarekat.

النظر إلى أولياء الله عبادة

ونظرة الولي إن حصلت للطالب على سبيل المحبة أغنته بإذن الله ورفعته قال الشيخ أبو الحسن الشاذلي رضي الله عنه أن السلحفاة تبيض وتجلس في البعد من ولدها وتربيه بالنظر إليه، وإذا كانت السلحفاة تربي أولادها بالنظر إليهم فكيف لا يربي الشيخ أولاده بالنظر؟ وشتان بين النظرين..
دخل أعرابي على النبي صلى الله عليه وسلم وهو يخطب فقال: متى الساعة يا رسول الله ؟ فقال صلى الله عليه وسلم: ما أعددت لها يا أعرابي؟ قال: حب لله ورسوله، فقال صلى الله عليه وسلم: المرء مع من أحب فما فرح الصحابة بشيء مثل فرحهم بذلك

Jika tatapan wali diberikan kepada muridnya karena cinta, maka itu akan memperkayanya, Insya Allah, dan mengangkatnya. Syekh Abu Al-Hasan Al-Shazli radhiyallahu 'anhu berkata bahwa penyu bertelur dan duduk jauh dari anaknya dan membesarkannya dengan memandangnya, dan jika kura-kura membesarkan anak-anaknya dengan memandang mereka, lalu bagaimana mungkin syekh tidak membesarkan anak-anaknya dengan memandang? Ada perbedaan antara kedua pandangan tersebut..
 Seorang Badui memasuki Nabi, semoga Tuhan memberkatinya dan memberinya kedamaian, ketika dia sedang menyampaikan khotbah, dan berkata: Kapan waktunya, ya Rasulullah? Dia, semoga Tuhan memberkatinya dan memberinya kedamaian, berkata: Apa yang telah kamu persiapkan untuk itu, hai Badui? Beliau bersabda: Cinta kepada Allah dan Rasul-Nya, dan dia, semoga Allah memberkati dia dan memberinya kedamaian, berkata: Seseorang bersama siapa pun yang dia cintai, dan para sahabat tidak bahagia dengan apa pun seperti mereka dengan itu.
إذا أحببت _يا أخي_ أولياء الله كنت معهم ولو لم تكن في مقامهم.. ولا تكن معهم حتى تذعن لهم بظاهرك وباطنك وتنكسر لهم في سرك وعلانيتك فمن ظفر بذلك فقد ظفر بالغنيمة الباردة وتتجدد له في كل حين من اشراف بواطنهم فائدة وأي فائدة

Wahai saudaraku - jika kamu mencintai Kekasih Allah, kamu akan bersama mereka meskipun kamu tidak berada di posisi mereka... dan janganlah bersama mereka sampai kamu tunduk kepada mereka secara lahiriah dan batiniah dan tunduk kepada mereka dalam rahasia dan dalam publisitas Anda. Jadi siapa pun yang mencapai hal ini telah memenangkan rampasan segera, dan manfaat akan diperbarui untuknya setiap saat dari kemulyaan batin mereka!

مراتب أولياء الله

ونقل ابوبكر المطواعي (ت 371هـ) عن أحمد بن محمد العابد حوار بينه مع الخضر عليه السلام في مسجد بيت المقدس قال فيه: لما قبض رسول الله صلى الله عليه وسلم بكت الأرض فقالت إلهي وسيدي ومولاي بقيت لا يمشي علي نبي إلى يوم القيامة، فأوحى الله تبارك وتعالى إليها سأجعل على ظهرك من هذه الأمة من قلوبهم على قلوب الأنبياء لا أخليك منهم إلى يوم القيامة، قلت وكم هم؟ قال: ثلاثمائة وهم الأولياء وسبعون وهم النجباء، وأربعون وهم الأوتاد، وعشرون وهم النقباء، وسبعة وهم العرفاء وثلاثة وهم المختارون، وواحد وهو الغوث، فإذا مات نقل من الثلاثة واحد وجعل الغوث ثم نقل من السبعة إلى الثلاثة ومن العشرين إلى السبعة ومن الأربعين إلى العشرين ومن السبعين إلى الأربعين ومن الثلاثمائة إلى السبعين، ومن سائر الخلق إلى الثلاثمائة وهكذا إلى أن ينفخ في الصور

Derajat Para Wali

 Abu Bakr Al-Mutawa'i (w. 371 H) meriwayatkan dari Ahmed bin Muhammad Al-Abed, percakapannya dengan Al-Khidr, saw, di masjid Yerusalem, di mana dia berkata: Ketika Rasulullah SAW Wafat, bumi menangis dan berkata, “Ya Tuhan, Tuanku, junjunganku tidak akan ada nabi yang berjalan di atasku sampai hari kiamat.” Maka Allah mengilhami padanya, Aku akan menempatkan di punggungmu sebagian dari umat ini orang orang yang hatinya bagai hati para nabi. Aku tidak akan meninggalkanmu dari mereka sampai hari kiamat. Siapakah mereka ? 
Tiga ratus orang, dan mereka adalah para wali, dan tujuh puluh orang, dan mereka adalah Nujaba, dan empat puluh orang, dan mereka adalah Autad, dan dua puluh orang, dan mereka adalah para Nuqoba/kapten, dan tujuh orang, dan mereka adalah para Arifin, dan tiga orang. , dan mereka adalah orang-orang terpilih, dan yang satu, yaitu Al-Ghauth. Jika dia meninggal, yang satu dipindahkan dari yang tiga dan dijadikan Al-Ghawth, maka dari tujuh ke tiga, dan dari dua puluh ke tujuh dari empat puluh menjadi dua puluh. Dari tujuh puluh menjadi empat puluh, dari tiga ratus menjadi tujuh puluh, dari sisa ciptaan menjadi tiga ratus, dan seterusnya hingga sangkakala ditiup.

حكايات الصالحين جند من جنود الله

وبذكر الصالحين ونشر محاسنهم تتنزل الرحمات.. وقال صلى الله عليه وسلم: "ذكر الصالحين كفارة الذنوب".. وحكايات الصالحين جند من جنود الله يقوي بها أبدان المريدين.
أسرد حديث الصالحين وسمهم *               فبذكرهم تتنزل الرحمات
واحضر مجالسهم تنل بركاتهم *               وقبورهم زرها إذا ما ماتوا
قال الشاذلي: ما رأيت للقلب أنفع من ذكر الصالحين.

وقال أبو حامد الغزالي: وإذا تعذرت رؤيتهم ومصاحبتهم فلا شيء أنفع للنفس من سماع أحوالهم ومطالعة أخبارهم وما كانوا عليه من الجد في العبادة وقد انقضى تعبهم وبقي ثوابهم ونعيمهم أبد الآباد، فما أعظم ملكهم وأشد حسرة من لم يقتد بهم.

Kisah orang orang Sholih adalah tentara Allah

 Dengan menyebut orang-orang shaleh dan menebarkan keutamaan-keutamaan mereka, maka turunlah rahmat.Rosulullah SAW bersabda : mengingat orang orang Sholih melebur dosa
 Kisah orang orang Sholih adalah tentara Allah yang menguatkan tubuh orang-orang yang mencarinya.

 Bacalah kisah orang-orang shaleh dan sebutkan nama mereka, karena dengan mengingat mereka maka diturunkan rahmat
 Hadiri pertemuan mereka untuk mendapatkan berkah mereka, dan kunjungi makam mereka ketika mereka meninggal

 Al-Shazly berkata: Saya belum melihat sesuatu yang lebih bermanfaat bagi hati selain menyebut orang-orang shaleh.

 Abu Hamid Al-Ghazali berkata: Jika tidak memungkinkan untuk melihat mereka dan bersama mereka, maka tidak ada yang lebih bermanfaat bagi jiwa selain mendengarkan keadaan mereka dan membaca berita-berita mereka, dan betapa rajinnya mereka beribadah, dan kelelahan mereka telah berlalu. dan pahala serta kebahagiaan mereka kekal selamanya, maka betapa besarnya kekuasaan mereka dan betapa besarnya dukacita orang-orang yang tidak mengikuti teladan mereka.

وخلاصة القول أن الولاية منة تقدمتها خدمة وحقيقة الولي هو العارف بالله، وعلوم الأولياء هي الإلهامات والمعارف والأنوار التي يعطيها الله لعبده بمحض فضله.. 
والنظر إلى الولي عبادة، وعند ذكرهم تتنزل الرحمات، وصحبتهم دليل على محبة الله، ومن أحبهم كان معهم، والأولياء بحسب مراتبهم باقون على وجه الأرض إلى أن ينفخ في الصور، وحجة تفضيل الأولياء على غيرهم من العلماء حجة قوية.. 
وذكر الصالحين كفارة الذنوب وحكاياتهم جند من جنود الله..

رزقنا الله أعظم حظ من صحبة أولياء الله ومحبتهم والصدق في جنابهم

Intinya kewalian adalah anugerah yang diberikan dengan pengabdian, 
hakikatnya wali adalah orang yang mengenal Allah, 
ilmu para wali adalah ilham, ilmu, dan penerang yang Allah berikan kepada hamba-Nya dengan murni Anugrah Allah. 

Menatap wali adalah ibadah, dan ketika disebutkan, rahmat turun, 
bersama mereka adalah bukti cinta kepada Allah, dan siapa pun yang mencintai mereka, ada bersama mereka, 
dan para wali sesuai dengan derajatnya akan tetapa ada di muka bumi sampai sangkakala dibunyikan, 
dan dalil yang lebih mengutamakan orang-orang suci dibandingkan ulama yang lain adalah dalil yang kuat.

وذكر الصالحين كفارة الذنوب وحكاياتهم جند من جنود الله..
Mengingat Orang-orang saleh  adalah penebus dosa dan kisah-kisah mereka adalah prajurit dari prajurit Allah.

 Semoga Allah memberi kita rezeki terbesar bersama para wali Allah, kasih sayang, dan kejujuran mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.