Senin, 10 Juli 2017

Nabi Ibrahim

Nabi Ibrahim dan keluarga
*************************

Siti Hajar merupakan putri Raja di wilayah Mesir yang meguasai suatu wilayah di San’a, dimana sukunya bernama Maghrib. Siti Hajar selalu mengikuti ayahnya berkeliling kampung dan mendengarkan diskusi dengan kepala suku memberikan arahan tentang permasalahan yang ada. Sehingga Siti Hajar ahli dalam berorasi. Selain itu Siti hajar juga ahli dalam bidang irigasi. Hingga pada suatu hari penguasa Mesir menguasai daerah San’a, ia pun membunuh raja San’a. Seluruh rakyatnya dijadikan budak, termasuk Siti Hajar.
***

Nabi Ibrahim tinggal di Babilonia (sekarang Irak), yang mana para masyarakatnya menyembah patung. Tetapi Nabi Ibrahim tidak meyakini bahwa patung sebagai Tuhan. Maka dari itu Nabi Ibrahim pun mencari Tuhan mulai dari bintang, bulan, dan matahari. Namun semuanya hilang dan tergantikan satu sama lain. Hingga akhirnya Allah memberikan ilham kepada Nabi Ibrahim bahwa Allah-lah Tuhan semesta alam. Beliaupun mulai berdakwah kepada kaumnya.
Singkat cerita Nabi Ibrahim mematahkan leher-leher patung dan hanya menyisakan sebuah patung yang besar. Masyarakat Babilonia yang marah saat itu berencana membakar Nabi Ibrahim yang dipimpin oleh raja Namrud. Allah pun memberikan mukjizat-Nya kepada Nabi Ibrahim berupa tidak mempannya Nabi Ibrahim untuk dibakar. Hingga akhirnya Nabi Ibrahim bersama istrinya Siti Sarah dan pengikutnya diusir dari Babilonia menuju Palestina.
***

Nabi Ibrahim merupakan seseorang yang ahli dalam peternakan dan beliau sangat sukses. Bahkan beliau mengeluarkan zakat sebanyak 1000 biri – biri, 200 ekor kambing, dan 300 ekor unta. Malaikat menanyakan betapa banyaknya zakat yang dikeluarkan oleh Nabi Ibrahim.

”Seandainya ada satu hal yang lebih yang bisa aku infaqkan di jalan Allah, dan mendekatkan aku kepada Allah, maka akan aku laksanakan. Bahkan seandainya aku dikaruniai putra dan harus aku korbankan karena perintah Allah, maka akan aku laksanakan”. (Perkataan Nabi Ibrahim kepada malaikat)
***

Pada suatu saat, Palestina mengalami kemarau yang sangat panjang. Hingga akhirnya Nabi Ibrahim berhijrah menuju Mesir, negara yang lebih subur karena adanya sungai Nil. 

Suatu hari, ada seorang wanita bernama Siti Sarah yang terkenal akan kecantikannya, yaitu istri dari Nabi Ibrahim a.s , hingga membuat Raja Mesir saat itu ingin menjadikannya sebagai istri. Raja Mesir ternyata lebih tertarik kepada wanita yang sudah bersuami. Maka apabila ia jadi istri raja, katanya, suaminya yang sebelumnya harus dibunuh. Untuk mensiasati hal tersebut, maka Nabi Ibrahim mengaku sebagai saudaranya Sarah.
Saat Sarah diundang ke istana kerajaan, raja mesir hendak menyentuh Sarah. Tetapi, seketika badan Raja menjadi kaku. Hal ini membuat Raja ketakutan dan mengurungkan niatnya untuk memperistri sarah, bahkan Sarah diberi hadiah berupa unta, kuda, kambing, dan seorang budak bersama Hajar.
Maka Hajar pun dibawa ke Palestina oleh Ibrahim dan Sarah.
***
*Nabi Ibrahim,Siti Hajar, dan Siti Sarah.

Di Palestina, Siti Hajar diajarkan tentang ketauhidan dan diajarkan Shuhuf Nabi Ibrahim. Siti Hajar adalah pribadi yang sangat cerdas. Beliau memiliki daya tangkap pelajaran yang luar biasa, sehingga dengan cepat menguasai apa yang diajarkan kepadanya.
Saat itu Nabi Ibrahim berumur sekitar 85 tahun, Siti Sarah berumur sekitar 70 tahun dan belum juga dikaruniai seorang putra. Sementara Siti Hajar berumur sekitar 30 tahun.  Setiap Hari beliau berdoa baik sembunyi sembunyi maupun terang-terangan supaya dikaruniai putra untuk melanjutkan dakwahnya.
Hingga do’a Nabi Ibrahim terdengar oleh Siti Sarah. Maka Siti Sarah pun terenyuh, dan terbesit untuk menawarakan kepada Ibrahim supaya menjadikan Siti Hajar sebagai istrinya.  Karena Siti Hajar merupakan wanita yang sangat baik dan shalehah.
Awalnya Nabi Ibrahim menolak, namun Siti Sarah membujuk Nabi Ibrahim dengan berbagai alasan terutama masalah keturunan. Akhirnya Nabi Ibrahim menikahi Siti Hajar.
Ternyata dengan cepat Allah meniupkan ruh kepada rahim Siti Hajar. Tidak dipungkiri hal itu membuat Siti Sarah cemburu. Karena saat itu Siti Sarah merupakan perempuan paling cantik dan merdeka. Sedangkan Hajar merupakan seorang budak dimana pada saat itu jika budak menikah dengan orang merdeka dan dikaruniai anak, maka budak tersebut menjadi merdeka.
Singkat cerita Ismail pun lahir dari rahim Hajar. Maka untuk menghindari kecemburuan Siti Sarah, Siti Hajar berdoa kepada Allah untuk dipisahkan dengan Siti Sarah.
***

*Ketabahan Luar Biasa Siti Hajar di Makkah

Allah mengabulkan doa Siti Hajar. Allah memerintahkan Nabi Ibrahim untuk membawa Siti Hajar dan bayinya, Ismail, untuk berpindah menuju suatu tempat bernama Makkah. Sebuah perjalanan yang sangat panjang sambil membawa anaknya yang baru saja lahir.
Sampai suatu titik di Makkah, Allah memerintahkan Nabi Ibrahim untuk kembali ke Palestina. Saat itu Makkah merupakan suatu lembah yang kosong, tidak ada orang, sangat kering dengan bebatuan yang kasar dan tidak ada pepohonan. Bahkan alang-alang pun tidak ada. Tetapi Nabi Ibrahim tidak langsung memberi tahu perintah Allah untuk kembali ke Palestina kepada istri keduanya, tetapi  Nabi Ibrahim membuatkan suatu pondok untuk Siti Hajar dan putranya Ismail.

Setelah membuat pondok, Nabi Ibrahim memalingkan badan kepada Siti Hajar lalu meninggalkannya. Siti Hajar pun langsung memegang Nabi Ibrahim.
“Kenapa engkau meninggalkan kami?” ucap Siti Hajar kepada Nabi Ibrahim.
Namun Nabi Ibrahim hanya diam.
Hajar pun mengerti  dan ia langsung memposisikan dirinya sebagai hamba Allah.
“Apakah ini perintah Allah?”, ujarnya kembali .Nabi Ibrahim hanya mengangguk. “Kalau demikian pasti Allah tidak akan menyia-nyiakan ini”, tambah Hajar.
Sungguh perkataan yang sangat emosional dari Siti Hajar, namun dikatakan dengan sangat indah dan kerelaan hati yang tinggi.
Nabi Ibrahim pun dengan tabah meninggalkan Siti Hajar bersama putranya yang masih bayi.
Suatu saat perbekalan makanan dan minuman habis, Ismail yang masih bayi menangis. Tidak ada air di tempat yang gersang, dan tidak ada orang.
seperti itu. Maka Siti Hajar pun berusaha mencari air dengan menaiki dua puncak bukit Shafa dan Marwah bahkan sebanyak 7 kali, (perjuangan Siti Hajar  ini diperingati dalam rukun ibadah haji dan umrah yakni Sa’i) tentunya perjuangan yang sangat melelahkan.

Namun Allah memberikan rezeki-Nya ternyata ada di tumit Ismail. Air dengan deras memancar dari tumit Ismail. Maka Siti Hajar pun yang merupakan seorang ahli irigasi sebelumnya mengumpulkan air tersebut sehingga sumber air itu bernama Zam-Zam. Karena keahlian Hajar dalam bidang irigasi, air tersebut masih memancar sampai sekarang. Bahkan Nabi Muhammad SAW memuji Siti Hajar. Jika Zam Zam tidak dikumpulkan, maka air zamzam akan habis.
Suatu saat datanglah suku Jurhum, yakni suku Arab yang masih nomaden, melihat ada telaga di gurun pasir. Maka mereka meminta izin kepada Siti Hajar, dan meminta untuk tinggal di sana. Singkat cerita karena kepiawaiannya dalam orasi Siti Hajar diangkat menjadi kepala suku Jurhum walaupun beliau bukan orang Arab asli.
Ismail tumbuh dengan pesat dan memiliki kepribadian yang sangat baik. Waktu Ismail berumur sekitar 13 tahun, Allah kembali memberikan ujian yang luar biasa berat kepada Nabi Ibrahim. Perkataan yang diucapkan Nabi Ibrahim sebelumnya bahwa ia akan melakukan apapun termasuk mengorbankan anaknya jika itu perintah Allah, akhirnya hal tesebut benar-benar diuji. Allah meminta agar anak satu satunya dan yang diidamkan semenjak puluhan tahun harus rela untuk dikorbankan. Maka Nabi Ibrahim pun datang kepada Ismail dan memberi tahu Ismail akan perintah Allah tersebut. Dialog Nabi Ibrahim A.S. dengan Nabi Ismail A.S. diabadikan dalam Al-Quran surat Ash-Shafat (37) ayat 100-108,
walaupun pada akhirnya Allah mengganti Nabi Ismail seekor kambing. Dan kejadian tersebut diabadikan dalam Idul Adha sebagai Ibadah Qurban.

“Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang shaleh. (100). Maka Kami beri dia kabar gembira dengan seorang anak yang amat sabar.(101). Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata. ‘Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!’ Ia menjawab, ‘Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar’. (102). Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (nyatalah kesabaran keduanya). (103). dan Kami panggillah dia, ‘Hai Ibrahim, (104). Sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu Sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. (105). Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata. (106). dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar. (107). Kami abadikan untuk Ibrahim itu (pujian yang baik) di kalangan orang-orang yang datang kemudian, (108)’.” (QS. Ash-Shaaffat [37] : 100-108
***

*Kesabaran yang Berbuah Manis

Nabi Ibrahim semakin berumur senja, para malaikat yang saat itu hendak menghancurkan kaum Nabi Luth karena kedurhakaannya, berkunjung ke rumah Nabi Ibrahim. Para malaikat memberikan kabar gembira, bahwa istrinya Siti Sarah yang sudah tua ternyata akan dikaruniai seorang anak laki-laki yang shaleh.
Ketika kunjungan itu, Siti Sarah berdiri di balik tirai sehingga dapat mendengar pembicaraan antara Nabi Ibrahim A.S dengan para tamu. Siti Sarah juga mendengar pertanyaan Nabi Ibrahim A.S. akan bagaimana kabar itu akan benar-benar bisa terjadi pada usia senja mereka. Siti Sarah juga terkejut, heran, sekaligus bahagia mendengar kabar tersebut. Maka setelah lahir bayi tersebut diberi nama Ishaq yang dalam bahas Ibrani berarti “tertawa”. Kisah ini diabadikan dalam Al-Quran Surat Ash-shafat ayat 112:

“ Dan kami beri dia (Nabi Ibrahim as) kabar gembira dengan kelahiran (Nabi Ishaq as) seorang nabi yang termasuk orang-orang saleh” (Q.S. Ash-Shafat (37):112)
***

Ketabahan Nabi Ibrahim dalam menghadapi cobaan, hingga akhirnya membuat beliau diberi gelar Ulul Azmi, yakni gelar yang diberikan kepada Rasul karena kesabaran dan ketabahannya yang luar biasa. Penantian panjang untuk mendapatkan seorang putra selama berpuluh puluh tahun dijawab oleh Allah dengan lahirnya dua orang putra, Nabi Ismail A.S. dan Nabi Ishaq A.S. yang dua duanya menjadi Nabi dan Rasul, penerus perjuangan dakwah.
***
Kesabaran dan ketabahan Nabi Ibrahim dan keluarga, membuat nama beliau selalu disandingkan dengan Nabi Muhammad dalam shalawat yang kita bacakan setiap hari pada setiap tasyahud. Bahkan dalam Shalawat Nabi, Nama Nabi Ibrahim disebut terlebih dahulu. Perjuangan keluarga Nabi Ibrahim dijadikan sebagai ritual ibadah oleh kita sekarang, yakni ibadah Haji dan berqurban. Seperti itulah Allah menghadiahkan hambanya atas kesabaran dan ketabahan yang sangat luar biasa dari keluarga Nabi Ibrahim
*****
Sholawat Ibrahim Beserta Arti Dan Keutamaannya
Sholawat ini terdapat dalam bacaan tasyahud akhir shalat.
Imam Nawawi berkata: Bahwa Sholawat ini dinamakan sholawat Ibrahimiyah karena sholawat tersebut merupakan bentuk sholawat yang paling utama, banyak menimbulkan pengaruh yang besar sekali apabila dibaca tiap-tiap hari secara istiqomah, terutama, bagi yang mempunyai keinginan besar untuk menunaikan ibadah haji, maka perbanyaklah membaca sholawat ini secara istiqomah, karena sholawat ini diajarkan oleh Rasuluuah saw. Adapun kalimatnya yaitu :
ALLAHUMMA SHALLI ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD WA’ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMADIN KAMAA SHALLAITA ‘ALAA SAYYIDINAA IBRAAHIIMA WA’ALAA AALI SAYYIDINAA IBRAHIIA WABAARIK ‘ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMADIN KAMAA BAARAKTA ‘ALAA SAYYIDINAA ’ALAA SAYYIDINAA IBRAAHIMA WA ‘ALAA AALI SAYYIDINA IBRAAHIMA, FIL ‘AALAMIINA INNAKA HAMIIDUN MAJIIDUN.
Artinya : Ya Allah , berilah kasih saying kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberi kasih sayangmMu kepada junjungan kita Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan berkatilah kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberkati junjungan kita nabi Ibrahim dan kelurganya diantara makhluk makhlukmu, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia.
Shalawat ini adalah bentuk shalawat untuk Nabi saw yang paling sempurna/ baik yang datang dari Nabi saw atau yang datang dari para ulama. Oleh karenanya para ulama mengistimewakan bentuk shalawat ini karena adanya kesepakatan atas kesahehan riwayat yang menurunkan hadis ini, sebagaimana para imam hadis: Imam Malik dalam kitab Muwaththa’, Bukhari dan Muslim dalam dua kitab Shahehnya, Abu Dawud, Tirmidzi dan Nasa’i telah meriwayatkannya.Al-Hafidz al-’Iraqi dan al-Hafidz as-Sakhawi menyatakan bahwa hadis ini telah disepakati kesahihannya. Demikianlah Syaikh menyebutkan dalam kitab syarh Dalail al-Khairat dan dalam kitabnya yang lain. Lafadz shalawat ini diriwayatkan dalam beberapa jalur dan lafadz ini adalah salah satu di antaranya, yaitu yang diriwayatkan oleh Imam al-Baihaqi dan beberapa imam hadis yang lain, sebagaimana yang dijelaskan dalam kltab Syarhu al-Dala’il oleh al-Fasi.
Syaikh Ahmad ash-Shawi berkata: “Imam Bukhari telah meriwayatkan dalarn beberapa kitabnya bahwa Nabi saw- bersabda: Barangsiapa membaca shalawat ini, maka aku akan memberikan kesaksian padanya di hari kiamat dan aku akan menolongnya (memberikan syafa’atku kepadanya). Ini adalah hadis yang hasan. Para perawinya adalah perawi-perawi yang shahih. Ada sebagian ulama yang menyatakan bahwa membaca shalawat ini sebanyak seribu kali pasti akan bermimpi Nabi saw.,,
Lafadz shalawat sebagaimana yang clisebutkan dalam hadis ini tidak menyertakan lafadz siyadah (sayyidina). Imam Ramli dalam kitab Syarhu al-Minhaj berkata: “Yang lebih utama adalah menyertakan lafadz siyadah, karena di daiamnya terkandung pemenuhan terhadap apa yang diperintahkan dan menambah penjelasan sesuai kenyataan yang merupakan tatakrama, dan tatakrama lebih baik dilakukan daripada ditinggalkan. Adapun hadis yang menyatakan: Janganlah menambahkan lafadz sayyidina untuk (menyebut nama) ku di datam shalat, adalah hadis palsu, karena tidak ada dasarnya. Demikianlah para ulama ahli hadis mutaakhkhirln rnenyatakan.
Imam Ahmad lbn Hajar dalam kitab al-Jauhar al- Munazhzharn. meny atakan: “Menambahkan lafadz s ayidina sebelum lafadz Muhammad tidak ada salahnyan bahkan itu adalah tatakrama memperlakukan Rasulullah saw sekalipun di dalam shalat fardhu.”
Al-Qishthillani dalam kitabny al Mawahib al Ladunniyyah menyatakan: “Para ulama beristidlal atas kesempurnaan shalawat model ini dengan pengajaran Nabi saw kepada para sahabatnya akan bentuk shalawat ini setelah rnereka menanyakan apakah bentuk shalawat ini adalah cara yang paling sempurna di antara shalawat yang lain. Karena, pastilah bahwa beliau tidak akan memilih untuk diri beliau kecuali yang terbaik dan paling utama’ Dan akibat atau konsekuensi hukum yang ditimbulkan dari realitas tersebut adalah, bahwa seandainya seseorang bersumpah untuk membacakan suatu shalawat yang paling utama untuk Nabi saw, maka cara membayar sumpah tersebut adalah dengan rnembaca shalawat Ibrahimiyah ini.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.